Breaking News:

Travel

Pelancong Luar Kabupaten HST Serbu Objek Wisata di Batu Benawa dan Hantakan

Liburan tahun baru, pelancong di tempat wisata Manggasang Hantakan, Kabupaten HST, Kalsel, datang dari Banjarmasin, Banjarbaru, Kalteng dan Kaltim.

Penulis: Hanani | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/HANANI
Wisata alam Manggasang yang menawarkan tempat sejuk di tepi Sungai Benawa, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu (2/1/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Libur tahun baru sejak Sabtu (1/1/2022) hingga Minggu (2/1) dimanfaatkan masyarakat untuk mengujungi sejumlah objek wisata di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan.

Hampir semua tempat wisata di Kabupaten HST, khususnya di Kecamatan Batu Benawa dan Hantakan diserbu  pelancong.

Meski tak seramai pada tahun-tahun sebelum pandemi Covid-19, namun hal tersebut cukup menghibur pengelola tempat wisata.

Alhamdulillah libur tanggal merah 25 Desember banyak pengunjung. Selanjutnya, hujan, sepi lagi. Baru mulai 1 Januari sampai 2 Januari ramai lagi,” kata Muhammad Rifani, pemilik objek wisata Manggasang di Kecamatan Hantakan, Kabupaten HST, Provinsi Kalsel.

Baca juga: Harga Sembako Terus Naik di Kabupaten HST Kalsel, Cabai Pun Masih Menyengat

Baca juga: Kini Jumlah Penumpang Bandara Syamsudin Noor Kalsel Antara 6 Ribu Hingga 7 Ribu Orang Per Hari

Lelaki yang terkenal dengan sapaan Datu Manggasang ini mengatakan, berdasarkan penjualan tiket masuk, rata-rata pengunjung per hari 500 orang. Pengunjung datang secara bergantian, sehingga tak terjadi kerumunan.

Tiket masuk itu hanya berdasarkan biaya parkir, yang dikenakan yaitu Rp 10.000 per satu sepeda motor dan Rp 20.000 per satu unit mobil. Selebihnya tak ada pungutan.

Sementara itu, di objek wisata Manggasang, kebanyakan berkunjung bersama keluarga. Sambil duduk santai di tepi sungai, mereka menggelar tikar dan makan bersama dengan bekal makanan yang dibawa dari rumah.

Mereka berasal dari berbagai daerah. Selain dari Kabupaten HST, para pelancon ini ada yang dari Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Tabalong hingga dari Tanah Grogot Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

Baca juga: Antisipasi Masalah Pangan akibat Bencana, Petani di Tanah Habang HST Bangun Lumbung Padi

Baca juga: UPDATE Covid-19 Kalsel: Tak Ada Penambahan Kasus Aktif, Tersisa 13 Pasien

Di objek wisata Manggasang, menawarkan keindahan dan kesejukan di pinggir Sungai Benawa, sekaligus bisa bermain air di sungai yang memiliki riam tersebut.

“Kami sudah dua hari di Barabai, menginap di rumah keluarga, berlibur bersama ke sini,” ungkap pengujung dari Tanah Grogot, Kaltim.

Sementara itu, warga Kabupaten HST menyatakan memilih berwisata di daerah sendiri.

“Di Kabupaten Hulu Sungai Tengah banyak objek wisata menarik untuk dikunjungi, bahkan lebih bagus dari Pulau Jawa. Cuma kalah difasilitas saja. Kalau alamnya, tak kalah bagus,” ungkap Nunui, warga Barabai

(Banjarmasinpost.co.id/Hanani)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved