Breaking News:

Harga Minyak Goreng

Pemerintah Siapkan Minyak Goreng Ekonomis Rp 14.000 Per Liter, Berlaku 6 Bulan di Seluruh Indonesia

Pemerintah memutuskan menyediakan minyak goreng dalam kemasan sederhana Rp 14.000 per liter. Minyak goreng ekonomis ini disediakan untuk enam bulan

Banjarmasinpost.co.id/nurholis huda
Pedagang di pasar Bauntung Banjarbaru menunjukkan harga minyak goreng yang naik dan mahal, Kamis (25/11/2021).Pemerintah Siapkan Minyak Goreng Ekonomis Rp 14.000 Per Liter, Berlaku 6 Bulan di Seluruh Indonesia 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Harga minyak goreng terus meroket. Kondisi ini pun dikeluhkan masyarakat, khususnya ibu rumah tangga dan pengusaha kecil menengah.

Untuk membantu masyarakat, pemerintah pun memutuskan menyediakan minyak goreng dalam kemasan sederhana seharga Rp 14.000 per liter.

Minyak goreng ekonomis ini akan disediakan untuk enam bulan.

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, dalam keterangan persnya, Rabu (05/01/2022), di Jakarta, menjelaskan produk minyak goreng ekonomis di tingkat konsumen ini berlaku di seluruh Indonesia.

"Pemerintah mengambil kebijakan untuk menyediakan minyak goreng untuk masyarakat dengan harga Rp14.000 per liter di tingkat konsumen yang berlaku di seluruh Indonesia," ujar Airlangga.

Baca juga: Minyak Goreng Mahal, Pedagang Pasar Kemakmuran Kotabaru Tak Berani Beli Banyak dari Agen

Baca juga: Harga Telur dan Minyak Goreng Masih Melejit, Pedagang Makanan Pelaihari ini Kurangi Porsi Menu

Mengutip setkab.go.id, Airlangga menyampaikan bahwa minyak goreng ini akan dievaluasi di bulan Mei.

"Penyediaan ini disiapkan untuk enam bulan ke depan dan akan dievaluasi di bulan Mei dan ini dapat diperpanjang," ujarnya dilansir dari Tribunnews.com dengan judul Harga Naik, Pemerintah Sediakan Kemasan Minyak Goreng Rp 14.000 per Liter untuk Periode Enam Bulan.

Selama periode enam bulan tersebut, pemerintah menyediakan 1,2 miliar liter minyak goreng yang membutuhkan anggaran sebesar Rp3,6 triliun untuk menutup selisih harga termasuk PPN.

Sebagai tindak lanjut dari keputusan ini, Airlangga menyampaikan bahwa Menteri Perdagangan ditugaskan untuk memastikan ketersediaan minyak goreng dengan harga terjangkau serta menyiapkan regulasi harga eceran tertinggi (HET).

Sementara itu, Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menyampaikan, penyaluran minyak goreng kemasan sederhana dengan harga Rp14.000 per liter yang selama masa Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, telah dilakukan melalui ritel modern akan diperluas melalui pasar tradisional dan tetap melaksanakan operasi pasar.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved