Breaking News:

Pengendalian Covid 19

Vaksin Booster Gratis untuk Lansia dan Peserta PBI JKN, Simak Syarat dan Ketentuan Penerima

Booster vaksinasi Covid-19 ini dilakukan secara mandiri atau berbayar dan ada yang digratiskan oleh pemerintah. Simak kriteria dan pelaksanaannya

Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon
Pelaksanaan vaksinasi booster untuk nakes di Halaman Dinkes Banjarmasin. Vaksin Booster Gratis untuk Lansia dan Peserta PBI JKN, Simak Syarat dan Ketentuan Penerima 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Pemerintah akan melaksanakan vaksinasi booster atau vaksinasi dosis ketiga untuk masyarakat mulai 12 Januari 2022. Ada dua mekanisme yang disiapkan pemerintah untuk dapat mengakses vaksin booster ini.

Booster vaksinasi Covid-19 ini dilakukan secara mandiri atau berbayar dan ada yang digratiskan oleh pemerintah.

Terkait mekanisme vaksin booster ini, Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, vaksinasi gratis untuk lansia dan peserta PBI, sedangkan vaksinasi mandiri untuk non lansia dan non-peserta PBI atau penerima bantuan iuran JKN.

“Melalui mandiri bagi seluruh masyarakat di atas 18 tahun yang bukan PBI (penerima bantuan iuran JKN) dan lansia. Sementara PBI dan lansia vaksinasi dosis ketiganya akan disediakan oleh pemerintah,” kata Nadia dalam dialog di program Sapa Indonesia Malam Kompas TV yang disiarkan secara langsung (live), Rabu (5/1/2022).

Baca juga: Vaksinasi Booster Dimulai 12 Januari 2022, Berikut Daftar Harga Vaksin Dosis Ketiga

Baca juga: Waspadai Penyebaran Varian Baru Omicron, Inggris Gencarkan Vaksinasi Booster

Pelaksanaan vaksinasi dosisi ketiga tersebut juga harus mempertimbangkan persiapan regulasi maupun petunjuk teknis yang sementara dalam proses finalisasi.

Mengenai prioritas vaksinasi dosis ketiga, Nadia menyebut bahwa lansia menjadi prioritas program vaksinasi booster tersebut.

Alasannya, kelompok lansia dinilai lebih rentan dalam hal keparahan jika terpapar Covid-19.

“Saat ini yang membutuhkan paling banyak untuk mencegah keparahan atau tingkat kematian adalah kelompok lansia. Jadi memang prioritas adalah pada lansia pada program pemerintah,” ujar Nadia.

Pemberian vaksinasi untuk lansia dan PBI akan dilaksanakan di fasilitas layanan kesehatan milik pemerintah, seperti puskesmas dan rumah sakit pemerintah.

Sedangkan untuk masyarakat selain lansia dan selain peserta PBI, dapat melakukannya di fasilitas pelayanan kesehatan swasta, rumah sakit swasta atau rumah sakit BUMN.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved