Breaking News:

Berita Tapin

VIDEO Tarif Sewa Toko Naik, Pedagang Pasar Protes Ke DPRD Tapin

Para pedagang pasar di Kabupaten Tapin mendatangi DPRD Kabupaten Tapin dengan agenda memprotes kenaikan tarif sewa toko

Penulis: Stanislaus Sene | Editor: Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Para pedagang pasar di Kabupaten Tapin mendatangi DPRD Kabupaten Tapin dengan agenda memprotes Peraturan Daerah nomer 4 Tahun 2021 terkait kenaikkan tarif sewa toko. Rabu, (05/01/2021).

Informasi diterima Banjarmasinpost.co.id alasan pedagang mempermasalahkan Perda ini ke DPRD Tapin akibat lesunya kegiatan ekonomi masyarakat di pasar.

Seorang pedagang di Pasar Raya Rantau, Mahdi Efendi saat dikonfirmasi mengatakan sampai saat ini pengunjung pasar semakin berkurang dan kegiatan di pasar sepi. Tentu ini sangat berpengaruh terhadap daya beli masyarakat.

"Saya beli masyarakat sudah mulai rendah dan banyak pedagang mengalami kerugian," jelasnya.

Mahdi mengatakan Perda ini menerapkan harga atau tarif sewa mengalami kenaikan dari 100 hingga 130 persen dan ini dinilai kurang bijaksana jika.

"Kami nilai ini tidak adil dan menjadi beban ke depannya," ujarnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Tapin, H. Harliansyah mengakui bahwa apa yang disampaikan oleh para pedagang memang benar.

"Mereka (para pedagang) tidak dilibatkan dalam pembahasan kenaikan retribusi sewa toko," jelasnya.

Harliansyah mengatakan adapun hasil dari rapat dengar pendapat (RDP) di DPRD Tapin, pihak Dinas Perdagangan Tapin, sepakat untuk menahan pemberlakuan Perda itu untuk sementara.

"Akan kita rundingkan kembali bersama pedagang terkait sewa toko," lanjutnya. Untuk diketahui, hasil rapat ini juga disetujui oleh Komisi II DPRD Kabupaten Tapin sebagai fasilitator. (Banjarmasinpost.co.id/Stanislaus sene).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved