Berita Banjar

Kunjungi Disdukcapil Banjar, LPKA Kelas I Martapura Berharap Andikpas Dapatkan KTP dan KIA

Pejabat Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Martapura melakukan koordinasi dan silaturahmi dengan Kepala Dinas Dukcapil Banjar, Azwar

Penulis: Mukhtar Wahid | Editor: Hari Widodo
Humas LPKA Kelas I Martapura
Pejabat LPKA Kelas I Martapura bersilaturrahmi dengan Kepala Disdukcapil Kabupaten Banjar untuk pemenuhan hak KTP dan KIA warga Andikoas di Kantor Disdukcapil Banjar, Jumat (7/1/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Martapura, melalui Kasie Registasi dan Klasifikasi Akhmad Hamirun didampingi Kasubsi Registrasi, Djoko Nawanto dan Kasubsi Klasifikasi, Robbyanoor melakukan koordinasi dan silaturahmi dengan Kepala Dinas Dukcapil Banjar, Azwar.

Kunjungan pejabat LPKA Kelas I Martapura itu berlangsung di ruang kerja Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Banjar, Jumat (7/1/2022).

Informasi diperoleh Banjarmasinpost.co.id, koordinasi tersebut terkait pemenuhan hak anak dan identitas diri Andikpas, khususnya di LPKA Kelas I Martapura, yaitu KTP-el dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Kegiatan silaturahmi itu menjalin kerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Banjar, sebagai tindak lanjut Gerakan Nasional Pemenuhan Hak Identitas Anak dalam Implementasi Revitalisasi Pemasyarakatan bagi Anak.

Baca juga: Penghuni LPKA Kelas I Martapura Kabupaten Banjar Terima Vaksin Dosis Kedua

Baca juga: Warga Binaan Lapas Narkotika Karang Intan Terima Vaksinasi Dosis Kedua

"Pemenuhan hak identitas Anak menjadi hal yang penting dan mendesak untuk segera dipenuhi agar mereka memiliki akses pelayanan publik lainnya, seperti layanan kesehatan dan layanan pendidikan," ujar  Kepala LPKA Martapurta, Rudi Sarjono.

Akhmad Hamirun selaku Kasie Registrasi dan Klasifikasi menambahkan sinergi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dengan Kementerian Dalam Negeri melalui pemerintah daerah merupakan komitmen bersama-sama untuk melaksanakan program pemenuhan hak identitas Anak, termasuk di Kalimantan Selatan yang terdapat satu Satker LPKA.

Adapun saat ini jumlah Andikpas di LPKA Martapura berjumlah 40 anak.

“Hak identitas Anak sangatlah penting untuk dipenuhi agar bisa mendapatkan pelayanan publik karena mereka masih memiliki keterbatasan kemampuan dan tanggung jawab dan rentan terhadap perlakuan buruk pihak lain sehingga Anak wajib mendapatkan perlindungan negara dalam pemenuhan hak-haknya, termasuk Anak Berhadapan dengan Hukum,” tegas Rudi.

Baca juga: Deteksi Dini Cegah Ancaman Kebakaran di LPKA Martapura Kabupaten Banjar

Salah satu Andikpas LPKA Martapura, AN, sangat senang dengan adanya pemenuhan KTP-el dan KIA.

"Setelah habis menjalani masa pidana di LPKA Martapura, saya berharap dapat bekerja membantu orang tua karena sudah ada memiliki KTP sebagai identitas diri," harapnya. (Banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved