Breaking News:

Kuliner

VIDEO Kuliner Kalsel - Pusat Oleh-oleh di Barabai, Ada Kue Lam, Apam Hingga Bingka Kentang

Toko Farah adalah pusat Oleh-oleh di Barabai, Ada Kue Lam, Apam hingga Bingka Kentang

Penulis: Hanani | Editor: Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Di Barabai, ibukota Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST)  juga terdapat pusat jajanan yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh untuk teman, sahabat atau saudara yang tinggal di luar kota. Salah satunya, toko Farah.

Terletak di Jalan PH M Noor, tepatnya di seberang Masjid Mujahidin Barabai, toko kue ini menyediakan kue khas.

Seperti kue lam, bingka kentang, bingka telur dan bingka tapai, lapis legit, tart kelapa, kue lumer, kue caramel hingga apam dan banyak lagi jenis kue lainnya.

Semua kue itu diproduksi khusus  oleh pemilik toko yang kini mempekerjakan puluhan karyawan.

Tiap hari, pusat oleh-oleh itu ramai dikunjungi pembeli. Khususnya mereka yang hendak bepergian ke luar daerah, keluar Kalimantan hingga ke luar negeri.

Salah satu yang khas dari toko  ini adalah tersedianya kue lam berbagai varian. Tiap hari pemiliknya memproduksi paling sedikit 50 biji sampai 100 biji untuk hari biasa.

“Kalau hari besar seperti idul fitri, idul adha, peringatan maulid, tentunya permintaan meningkat. Lebih dari 100 biji per hari,”kata Zainab, adik pemilik toko Farah, kepada banjarmasinpost.co.id, Jumat (7/1/2021).

Pembeli juga meningkat, kala libur nasional, seperti tahun baru tadi. Banyak warga yang berlibur ke luar daerah, membeli kue lam, bingka dan bolu gulung,”kata Zainab.

Disebutkan, ada dua varian untuk kue lam. Yaitu original dengan harga Rp 125 ribu dan ekstra butter dengan harga Rp 135 ribu.

Pembeli juga boleh beli per potong, seperempat serta setengah. Disebutkan,kelebihan kue lam adalah awet disimpan sampai beberapa hari di suhu biasa. Sedangkan penyimpanan di lemari es tahan sampai sebulan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved