Breaking News:

Berita Banjabaru

VIDO Sewa Toko Pasar Bauntung Akan Diterapkan Pemko Banjabaru, Pedagang Minta Tarif Diturunkan

Tepat berjualan ukuran 3 x 3 meter di Pasar Bauntung, Kota Banjarbaru, tarif sewanya sekitar Rp 405 ribu, ukuran 3 x 6 meter sekitar Rp 810 ribu.

Penulis: Siti Bulkis | Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru mulai memberlakukan tarif sewa toko Pasar Bauntung, Sabtu (8/1/2022). 

Penerapan tersebut diwacanakan dmulai Januari 2022. Namun hal tersebut mengundang reaksi dari para pedagang yang merasa keberatan dengan tarif sewa yang ditetapkan. 

Pedagang sekaligus Ketua Kerukunan Pedagang Pasar Bauntung Banjarbaru, Darmanto, Sabtu (8/1/2022)., menyampaikan, pihaknya meminta penurunan sewa toko 50 persen. 

Permohonan ini bukan tanpa alasan. Dikarenakan, pengunjung Pasar Bauntung Banjarbaru ini masih kurang.

"Untuk itu, permohonan ini dimaksudkan dalam artian untuk membantu meringankan para pedagang," kata Darmanto saat ditemui di Pasar Bauntung, Jalan Ro Ulin, Kelurahah Loktabat Selatan, Kota Banjarbaru, Provinsi  Kalimantan Selatan (Kalsel). 

Baca juga: 25 Peserta Pastikan Ikut Lomba Nyanyi Lagu 1980-an di Banjarbaru

Baca juga: UPDATE Covid-19 Kalsel: Dinkes Bantah Terjadi Kenaikan Kasus Aktif

Tarif sewa toko bervariasi. Ukuran 3 x 3 meter tarif sewanya sekitar Rp 405 ribu, sementara di lokasi pasar yang lama ukuran 3 x 4 meter Rp 155 ribu. 

Lalu, ukuran 3 x 6 meter sekitar Rp 810 ribu dan di lokasi pasar yang lama sekitar Rp 240 ribu, bak Ikan 2 x 2 sekitar Rp 300 ribu dan ruko sekitar Rp 1.750 ribu. 

Kemudian, ditambahkan Darmanto, pihaknya berharap Wali Kota Banjarbaru dapat mengambil kebijakan untuk membantu para pedagang. 

Masih menurutnya, ada pedagang yang mengalami kerugian, ada yang sampai harus menjual sepeda motor untuk tambahan modal dan adapula yang harus tutup hingga berhenti. Ada 10 toko yang tutup, termasuk ruko. 

Lebih lanjut, dia juga membeberkan, sudah dua kali dan akan tiga kali mengirim surat ke Pemko Banjarbaru. Namun, hasilnya belum menemukan titik terang.

Baca juga: Pencurian di Banjarmasin - Warga Sesalkan Mur Jembatan Antasan Bromo Dicuri

Baca juga: Pencurian di Banjarmasin - LENYAP, 80 Mur Jembatan Antasan Bromo Kota Banjarmasin

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved