Breaking News:

Berita HSU

VIDEO Puluhan Tahun Warga Amuntai Kabupaten HSU Ini Jual Kayu Bakar

Harga kayu bakar yang dijual Jahidin dari Amuntai Kabupaten HSU bervariasi, Rp 5.000 satu ikat hingga Rp 50 ribu tergantung pembeli.

Penulis: Reni Kurnia Wati | Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI – Jahidin, warga Desa Hulu Pasar, Kecamatan Amuntai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan, sudah lebih dari 20 tahun menjual kayu bakar.

Meskipun saat ini sudah hampir sebagian besar warga melakukan konversi penggunaan bahan bakar ke gas,  namun masih banyak juga yang menggunakna kayu bakar untuk memasak.

Pembeli kayu bakar biasanya warga yang memiliki warung makan atau penjual makanan tradisional yang masih dimasak dengan kayu bakar untuk menghasilkan aroma yang khas.

“Atau untuk orang yang ingin menggelar resepsi pernikahan, bisanya membeli kayu bakar dalam umlah banyak,” ujarnya kepada Banjarmasinpost.co.id, Senin (10/1/2022).

Baca juga: VIDEO Sering Terjadi Kecelakaan di Jalan Jermani Husin Kabupaten HSU yang Rusak Parah

Baca juga: Angin Kencang di Kalsel : Rusak 16 Rumah di HSS, 19 KK Terdampak

Baca juga: Pemotong Buah Buatan Perajin Kabupaten HSU Dibanderol Rp 30.000 di Pasar Barabai

Baca juga: UPDATE Covid-19 Kalsel: Pemprov Masih Lakukan Vaksinasi Rutin Sambil Tunggu Juknis Booster

Jenis kayu bakar yang dijual adalah kayu bakar dari pohon karet. Karena di Kabupaten HSU tidak ada lahan perkebunan, maka kayu bakar yang didapat adalah dari Kabupaten Balangan

Harga kayu bakar bervariasi ada yang diikat dengan harga Rp 5.000 satu ikat ada juga yang dengan harga Rp 50 ribu atau tergantung dari pembeli.

Dalam satu hari bisa menjual hingga 400 batang kayu bakar. Karena kayu bakar sudah dipotong dengan ukuran yang hampir sama.  JIka diuangkan bisa terjual rata rata Rp 200 ribu per harinya. 

Penjualan kayu bakar sangat ramai pada saat bulan yang sering dilaksanakannya acara pernikahan, untuk pedagang kue tradisional  juga membeli setiap hari. 

(Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved