Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang Kalsel Ditarget PAD Rp 800 Juta

Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) Provinsi Kalimantan Selatan ditarget meraih Pendapatan Asli Daerah 2022 sebesar Rp 800 juta.

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Alpri Widianjono
banjamasinpost.co.id/stanislaus sene
Acara pemotongan tumpeng pada peluncuran aplikasi pelayanan berbasis WAB Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Status Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) telah berubah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Selanjutnya, Karena itu, target pencapaian untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) pun ditambah. 

Target untuk berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah Provinsi Kalsel tahun 2021 sebesar Rp. 650.000.000, bisa dilampaui dengan capaian pera khir Desember 2021 sebesar Rp. 728.845.000; atau 112,13 persen. 

Menurut Kepala Dinas Perdagangan Kalsel, Birhasani, Selasa (11/1/2022)., dengan hasil positif tersebut merupakan  suatu kinerja yang sangat baik mengingat kita masih sedang dilanda Pandemi Covid 19.

"Capaian tersebut harus ditingkatkan di tahun 2022, terlebih dengan beralihnya status BPSMB sebagai BLUD yang secara perlahan akan dilepas ketergantungannya kepada APBD Provinsi Kalsel," tandas Birhasani.

Baca juga: BTalk, Dokter Oldi Dedya dari RSUD Ulin Banjarmasin Wanti-wanti Jangan Sepelekan Sakit Pinggang

Baca juga: VIDEO Banjir di Kalsel - Sungai Pinang Terdampak, Warga Pengaron Kabupaten Banjar Waspada

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan kemudian memberi target kepada BPSMB untuk tahun ini sekitar Rp 800 juta lebih.

Menurut Birhasani, banyak peluang untuk peningkatan PAD ke depan. Tetapi tentunya memerlukan kontribusi Pemprov Kslsel terutama melengkapi beberapa peralatan laboratorium.

"Itu semua dimaksudkan agar cakupan pelayanan BPSMB bisa lebih beragam dan lebih meluas, baik di dalam Provinsi Kalsel maupun ke beberapa provinsi di luar Kalsel. Saat ini BPSMB sudah melayani beberapa perusahaan di 10 provinsi. Kami ingin pada 2022 lebih banyak lagi perusahaan yang menggunakan jasa BPSMB," kata Birhasani.

Menanggapi target yang diringkatkan, Kepala Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) Disdag Kalsel, Tanwiriah, didampingi Kasi Layanan Teknis Pengujian dan Kalibrasi, Suharyanto, mengaku optimis. 

Guna mencapai target itu, pihak BPSMB akan menerapkan beberapa strategi andalan.

Baca juga: Pasca Kecelakaan Mobil Pemadam, Wali Kota dan Kapolresta Banjarmasin Silaturahmi dengan BPK

Baca juga: Banjir di Kalsel - Tiga RT Terendam di Jalan Tonhar Landasan Ulin Kota Banjarbaru

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved