Vaksinasi Covid 19 di Kalsel

Booster Vaksin di Banjarmasin Sementara ini Hanya untuk Lansia

pemberian booster vaksin untuk umum ini hanya berlaku untuk daera yang capaian vaksin mencapai 70 persen

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/frans
Lansia sedang antre melakukan vaksinasi Covid-19 di Balai Kota Banjarmasin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Warga Banjarmasin khususnya yang masuk dalam kategori umum yang ingin menerima booster vaksinasi Covid-19 harus bersabar.

Seperti diketahui, pemerintah pusat telah mengumumkan pemberian booster vaksin untuk masyarakat umum maupun lansia dimulai sejak hari ini Rabu (12/1/2021).

Adapun jenis vaksin untuk booster ini berupa CoronaVac/Vaksin COVID-19 Biofarma (Sinovac), Comirnaty Pfizer, AstraZeneca, Moderna, dan Zifivax.

Penerima booster harus berusia di atas 18 tahun, kemudian sudah menjalani vaksin dosis kedua di atas enam bulan.

Baca juga: Distribusi Air PDAM Bandarmasih Akan Alami Gangguan, Ini Kawasan Terdampak di Banjarmasin

Baca juga: Dicampur dengan Cairan Beracun, Polresta Banjarmasin Musnahkan 1,8 kg Narkotika Jenis Sabu

Namun pemberian booster vaksin untuk umum ini hanya berlaku untuk daerah atau kabupaten/kota yang capaian vaksin dosis pertama dengan sasaran masyarakat umum sudah mencapai 70 persen dan lansianya sudah mencapai 60 persen.

Banjarmasin untuk capaian vaksinasi umum sudah menyentuh 80 persen, namun untuk sasaran lansianya masih berada di angka 44 persen alias belum mencapai 60 persen.

Terkait hal ini, Pemko Banjarmasin memastikan untuk pemberian booster vaksin bagi masyarakat umum di Kota Seribu Sungai belum bisa dilaksanakan alias ditunda.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjarmasin, Machli Riyadi yang pada Selasa (11/1/2022) malam mengikuti sosialisasi dari Dirjen P2P Kementerian Kesehatan RI.

"Tadi malam kita sudah mengikuti zoom meeting dengan Dirjen P2P Kemenkes RI. Booster sudah dimulai hari ini untuk seluruh kabupaten dan kota. Tapi bagi kabupaten kota yang vaksin pertama lansianya belum mencapai 60 persen maka booster untuk masyarakat umumnya ditunda. Karena pesannya yang diprioritaskan lansia terlebih dahulu," ujar Machli saat ditemui di Balai Kota Banjarmasin.

Meskipun pemberian booster untuk masyarakat umum ditunda, namun Machli menerangkan untuk pemberian booster vaksin dengan sasaran lansia di Banjarmasin bisa dilaksanakan.

"Kalau lansia ingin melakukan booster vaksin boleh saja. Jadi booster untuk saat ini baru bisa berikan kepada lansia saja. Untuk masyarakat umum belum bisa karena capaian lansia kita belum 60 persen," jelas pria yang juga menjabat Juru Bicara Satgas Covid-19 Banjarmasin ini.

Machli pun menerangkan bahwa pelayanan booster vaksin untuk lansia ini sudah bisa dilaksanakan sejak hari ini juga.

"Mulai hari ini sudah kita berikan pelayanan booster vaksin untuk lansia. Jadi sekarang puskesmas-puskesmas tidak hanya memberikan vaksin dosis pertama dan kedua saja, tapi juga booster vaksin untuk lansia," katanya.

Machli menerangkan Pemko Banjarmasin masih memiliki ribuan dosis stok vaksin, dan ini bisa dimanfaatkan juga untuk booster.

Baca juga: Rem Bermasalah, Warga Batibati Tanahlaut ini Bolak-balik Kir hingga Tiga Kali

Baca juga: Banjir di Kalsel - Sebanyak 30 Orang Tagana Diturunkan ke Kabupaten Banjar

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved