Breaking News:

Tajuk

Tanah Longsor Juga Mengintai

Badan Geologi Kementerian ESDM menyampaikan ada enam kabupaten di Kalsel yang memiliki risiko tinggi tanah longsor pada Januari 2022.

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID - TERNYATA Kalimantan Selatan rawan pergerakan tanah. Badan Geologi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menyampaikan ada enam kabupaten di Kalsel yang memiliki risiko tinggi tanah longsor pada Januari 2022.

Wilayah tersebut adalah Banjar, Hulu Sungai Selatan, Kotabaru, Tanahbumbu, Tanahlaut dan Tapin.

Apakah hanya enam kabupaten itu saja yang rawan tanah longsor? Jawabnya tidak.

Balangan, Baritokuala, Banjarmasin dan Banjarbaru juga memiliki potensi tanah longsor dengan skala menengah.

Peringatan ini kemudian ditindaklanjuti Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar, atas nama Gubernur Sahbirin Noor, pada 11 Januari 2022, dengan mengeluarkan surat edaran kepada Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kota.

Isinya adalah meminta Kalak BPBD Kabupaten Kota untuk mengantisipasi terjadinya tanah longsor.

Bertepatan dengan surat tersebut ditandatangi Sekda, tanah longsor terjadi di Desa Malinau Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Satu keluarga atau lima jiwa terdampak bencana ini. Beruntung longsor hanya mengenai dapur rumah mereka. Artinya apa yang disampaikan Badan Geologi patut diperhatikan.

Terlebih saat ini Kalsel berada di puncak musim hujan.

Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banjarbaru, Khairullah, kepada Bpost, mengatakan kondisi ini juga akan berlangsung hingga Maret.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved