Breaking News:

Berita Banjarbaru

Banjarbaru Masuk 50 Daerah Program KTP Digital, Disdukcapil Sebut Petunjuk Teknisnya Belum ADA

Banjarbaru termasuk 50 Kota yang dipilih untuk pelaksanaan program KTP Digital. Namun, hingga kini petunjuk teknis program ini belum ada

Penulis: Siti Bulkis | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/siti bulkis
Disdukcapil Banjarbaru berikan Layanan Help Desk kepada masyarakat yang mengalami masalah atau tidak bisa mengakses layanan online Disdukcapil, Jumat (14/1/2022). 

BANJARMASINPOST. CO. ID,  BANJARBARU - Rencana penerapan program KTP Digital oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) hingga kini belum ada kejelasan.

Demikian pula, di Kota Banjarbaru. Meski masuk 50 daerah yang dipilih untuk melaksanakan program ini, namun hingga kini belum ada petunjuk teknis terkait pelaksanaan program tersebut.

Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kota Banjarbaru, Muhdiannor mengatakan, untuk pemberlakuan KTP Digital sistemnya, jelasnya,  harus siap terpusat dan Banjarbaru termasuk daerah tersebut. 

"Jadi dari sekitar lima ratus kabupaten kota, lima puluh dipilih, diantaranya Kota Banjarbaru," bebernya,  Jumat (14/01/2022)..

Baca juga: Sehari Terima Pengaduan NIK Tak Terbaca hingga 50 Orang, Begini Penjelasan Disdukcapil Banjarbaru

Baca juga: Tampilan Fisik Kartu Keluarga Bak KTP Ternyata Palsu, Begini Penjelasan Dukcapil

Baca juga: Sudah Perekaman, Dua Tahun Warga Kertak Hanyar Kabupaten Banjar Belum Dapatkan KTP Elektronik

Namun untuk di Kota Banjarbaru belum ada. Karena,  petunjuk teknisnya juga belum ada.  

Muhdiannor lebih lanjut, untuk saat ini Banjarbaru memberikan kemudahan kepada masyarakat denganmemberikan pelayanan keliling.  

"Masyarakat bisa mendatangi mobil pelayanan keliling Disdukcapil Kota Banjarbaru di kelurahan atau ke kecamatan," kata Muhdiannor.

Adapun mobil pelayanan keliling ini merupakan layanan jemput bola sistem perekaman keliling yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat.  Sehingga masyarakat tidak harus datang ke Kantor Disdukcapil. 

Namun, meski begitu bukan berarti Disdukcapil tidak memberikan pelayanan kepada masyarakat yang datang ke kantor.  

Selain layanan pembuatan KTP, KK maupun Kartu Identitas Anak (KIA), disdukcapil juga ada layanan geometrik yaitu layanan pembaharuan KTP, Help Desk dan layanan lainnya. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved