Breaking News:

Berita Batola

Dermaga Penyeberangan Pindahan Baru Batola Diprioritaskan Tahun Ini

Selain peningkatan bangunan dermaga penyeberangan Batola, nantinya juga akan disertakan kapal penyeberangan yang menyesuaikan standar kelayakan

Penulis: Muhammad Tabri | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/Muhammad Tabri
Kondisi terakhir pembangunan Dermaga Penyeberangan Desa Pendalaman Baru, Kecamatan Barambai, Kabupaten Barito Kuala. Jumat (14_1_2022) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Sempat tertunda, Pengerjaan Pembangunan Dermaga Penyeberangan Pendalaman Baru, Kecamatan Barambai, Kabupaten Barito Kuala dilanjutkan tahun ini.

Di 2022 ini pula, proyek yang dikerjakan Balai Pengelola Transportasi Darat XV Kalsel ditargetkan selesai.

"Kita prioritaskan 2022 ini Dermaga Pendalaman Baru rampung," tegas Nor Ipani, Kepala Dinas Perhubungan Batola, Jumat (14/1/2022).

Ia pun menjelaskan, sejatinya pengerjaan telah dilakukan sejak 2021 lalu bersamaan dermaga yang ada di sisi seberang, Desa Sungai Gampa, Kecamatan Rantau Badauh.

Namun terbentur adanya pemotongan anggaran, sehingga belum terealisasi tahun lalu.

Baca juga: Polemik Sawit Plasma di Kolam Kanan Batola Selesai, Operasional Dikelola Bumdes Selama Setahun

Baca juga: Mahasiswa IPA FKIP ULM Membuat Roket Bersama Siswa SMPN 6 Alalak Kabupaten Batola

"Infonya, pemotongan dana dari APBN yang digunakan dialokasikan untuk penanganan Covid- 19. Sehingga tidak memungkinkan untuk melanjutkan proyek ini," timpal Ipani.

Sementara itu, Kadishub juga menyampaikan, selain peningkatan bangunan dermaga penyeberangan, nantinya juga akan disertakan kapal penyeberangan yang menyesuaikan standar kelayakan.

Terkait proyek yang sempat mandek dan akan dilanjutkan ini, Ahmad, warga Pendalaman Baru turut mengetahui dan menyambut baik

"Dengar-dengar info, beberapa hari ke depan mulai lagi pengerjaan. Semoga saja bisa selesai tahun ini," ucap Ahmad.

Pedagang yang bermukim puluhan meter dari dermaga ini juga menambahkan, nantinya jika sudah dimulai pengerjaan maka sementara waktu jasa penyeberangan roda empat akan ditiadakan.

Baca juga: Sopir Insiden Mobil Maut di Pasar Antasari Banjarmasin Ditahan Polisi

Baca juga: Razia Vaksin Kembali Digelar, Puluhan Orang Terjaring dan Langsing Jalani Vaksinasi

Dengan terealisasinya pembangunan dermaga yang lebih baik, hal ini turut menumbuhkan harapan baru bagi masyarakat sekitar.

Terutama meningkatnya perekonomian mereka.

Sebagaimana dulu, kawasan ini merupakan akses utama masyarakat dari arah Banjarmasin menuju Marabahan sebelum Jembatan Rumpiang berdiri.

"Belasan tahun lalu di sini sangat ramai, bahkan ada empat unit kapal feri yang dioperasikan melayani jasa penyeberangan," tandas Ahmad.

(Banjarmasinpost.co.i/MuhammadTabri)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved