Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Harga Tandan Buah Sawit Stabil Tinggi, Kini Rp 2.900 Perkilogram

Ditingkat pabrikan harga sawit sudah sampai Rp 2.900 haris Rp 3000. Harga ini menjadi harga rekor tertinggi sementara perjalanan sawit selama ini

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/nurholis huda
Suasana TBS di tempat penyortiran PT CPKA, Jorong Kabupaten Tanahlaut, Jumat (14/1/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU -Sudah hampir triwulan belakang, Harga Tandan Buah Sawit (TBS) mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Petani sawit pun gembira. 

Ditingkat pabrikan harga sawit sudah sampai Rp 2.900 haris Rp 3000. Harga ini menjadi harga rekor tertinggi sementara perjalanan sawit selama ini. 

Manager Kebun PT Citra Putra Kebun Asri (CPKA) di Jorong Tanahlaut, Eko Priyanto, Jumat (14/1/2022) membenarkan bahwa harga sawit masih stabil tinggi.

"Harga TBS di tempat kami Rp 2.900 per kg," kata Eko Priyanto. 

Baca juga: Harga Sawit Tinggi, Petani Sawit Kalsel Mulai Banyak yang beli mobil

Baca juga: Harga Sawit Tinggi, Ekspor Sawit Kalsel Turun 595 ribu ton

Bahkan bulan Desember, Harga Tandan Buah Sawit naik dan menyentuh harga Rp 3000 lebih. 

Harga TBS ini berdasarkan keputusan Tim Penetapan Harga Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit Provinsi Kalimantan Selatan yang menggelar rapat rutin penetapan harga TBS periode buIan Desember 2021. Sementara untuk Januari belum ada keputusan lagi. 

Kegiatan yang dilaksanakan pada Desember kemarin, dilakukandi ruang rapat kelapa sawit ini, dihadiri oleh Perusahaan Mitra, Perwakilan Petani Plasma, Perwakilan Asosiasi Petani Kelapa Sawit lndonesia (APKASINDO), Perwakilan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Kalimantan Selatan, serta Tim Penetapan Harga TBS. 

Hasil perhitungan rapat TBS yang di bacakan Heri Purwanto, Kelapa Seksi Pemasaran, Bidang Penyuluhan, Pengolahan dan Pemasaran Disbunnak Provinsi Kalsel menyepakati perhitungan untuk harga CPO bulan Desember naik menjadi Rp. 13.856,88. 

Untuk harga Inti Sawit mengalami kenaikan menjadi Rp. 10.129,40, dan Nilai Indeks juga mengalami kenaikan menjadi 89.90%. 

Untuk harga TBS kelapa sawit periode bulan Desember, mengalami kenaikan harga rata rata sebesar 14% dengan harga terendah pada umur tanaman 3 tahun, Rp. 2.297,88 dan harga tertinggi Rp. 3.175,84 pada umur 13 tahun. 

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan, Drh.Hj, Suparmi MS, kepada wartawan sebelumnya menjelaskan harga sawit ini menang ada naik dan turun.

Dikatakan Suparmi, industri kelapa sawit menjadi penyumbang devisa nomor dua setelah sektor tambang.

Baca juga: Harga Tandan Buah Segar Kelapa Sawit di Kalsel Pada Desember 2021 Sentuh Rp 3 Ribu Lebih

Kinerja ekspor sawit telah menghantarkan Kalimantan Selatan memperoleh penghargaan Juara I Ekspor Komoditas Pertanian tingkat nasional. 

Salah satu penghasil kelapa sawit terbesar adalah Kabupaten Kotabaru yang merupakan wilayah dengan perkebunan kelapa sawit terluas di Kalimantan Selatan mencapai 156,554 hektare (ha) dari total luas sawit Kalsel 426.445 ha, dengan produksi mencapai 585,713 Ton CPO. (Banjarmasinpost.co.id/Nurholis Huda)
 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved