Breaking News:

Berita Banjarmasin

Operasional Lapas Batulicin Makin Dekat, Kalapas Kotabaru Ditunjuk Jadi Plt Kalapas Batulicin

Kanwil Kemenkumham Genjot Percepatan Oprasional Lapas Batulicin, Kalapas Kotabaru ditunjuk jadi PLT

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Hari Widodo
Humas Kanwil Kemenkumham Kalsel untuk BPost
Plt Kakanwil Kemenkumham Kalsel, Heni Susilo Wardoyo dan jajaran memantau fasilitas fisik Lapas Kelas III Batulicin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Memasuki Tahun 2022, peresmian dan inisiasi operasional Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Batulicin di Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalsel semakin dekat. 

Ini setelah Plt Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Heni Susilo Wardoyo beserta jajaran kembali berkoordinasi intensif dengan Bupati Tanah Bumbu, KH Zairullah Azhar dan DPRD Kabupaten Tanah Bumbu di pekan kedua Tahun 2022 ini. 

"Upaya percepatan operasional Lapas Kelas III Batulicin mendapat dukungan dari Bupati Bapak KH Zairullah dan DPRD Tanah Bumbu termasuk Ketua DPRD, Bapak Supiansyah," kata Heni, Jumat (14/1/2022).

Lapas Kelas III Batulicin yang berada di atas lahan seluas kurang lebih 5,6 hektare ini memiliki empat blok tahanan untuk menampung setidaknya 240 warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Baca juga: Proyek Lapas Batulicin Selesai Sesuai Kontrak, Masih Ada yang Dilanjutkan Tahun 2020

Baca juga: Kalapas Kotabaru Musnahkan Puluhan Handphone Sitaan Razia Warga Binaan

Plt Kakanwil Kemenkumham Kalsel bersama rombongan pun sempat memantau langsung fasilitas fisik Lapas Kelas III Batulicin. 

Saat ini, upaya untuk melengkapi sarana dan prasarana serta susunan sumber daya manusia termasuk petugas Lapas tengah diupayakan agar Lapas Kelas III Batulicin bisa segera diisi WBP. 

Plt Kepala Lapas Kelas III Batulicin pun sudah ditunjuk untuk melaksanakan optimalisasi percepatan operasional, yaitu Kepala Lapas Kelas IIA Kotabaru, Yosef Benjamin Yembise. 

Heni mengatakan, Lapas Kelas III Batulicin nantinya akan dapat mengurai kepadatan di Lapas Kelas IIA Kotabaru. 

Diketahui, jumlah tahanan dan narapidana di Lapas Kelas IIA Kotabaru mencapai kisaran seribu orang dan rasio kelebihan kapasitas mencapai lebih dari 200 persen. 

Apalagi tak sedikit pula WBP di Lapas Kelas IIA Kotabaru juga merupakan terpidana yang diadili di Pengadilan Negeri Batulicin yang tentu harus menempuh waktu yang panjang dan biaya cukup besar untuk menuju ke Lapas Kelas IIA Kotabaru. 

Heni mengatakan, peran Pemerintah dan DPRD Kabupaten Tanah Bumbu juga besar dalam mendukung Lapas Kelas III Batulicin. 

Baca juga: Narkoba Kalsel, Sabu Diletakan di Luar Pagar, Kalapas Kotabaru: Ini Modus Baru

Dimana Pemkab Tanah Bumbu telah menghibahkan Gedung Bangunan Blok, sejumlah sarana dan prasarana serta rencana pembangunan rumah dinas bagi pegawai Lapas tersebut. 

Dengan luasan lahan yang cukup besar, Lapas Kelas III Batulicin pun nantinya kemungkinan besar akan memiliki tambahan blok-blok tahanan hingga kapasitas maksimal mencapai 600 WBP. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved