Breaking News:

Berita Batola

Polemik Sawit Plasma di Kolam Kanan Batola Selesai, Operasional Dikelola Bumdes Selama Setahun

Kesepakatan ditandai dengan penandatanganan yang diwakili Area Manager Operasional PT ABS dan Kepala Desa Kolam Kanan.

Penulis: Muhammad Tabri | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/Muhammad Tabri
Acara penandatanganan perjanjian kerjasama operasional PT ABS dengan Pemdes Kolam Kanan melalui BUMDES Adil Sejahtera yang berlangsung di Kejari Batola. Kamis (13_1_2022) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Berlangsung di Kejaksaan Negeri (Kejari) Barito Kuala, Pemerintah Desa Kolam Kanan sepakati kerjasama terkait operasional sawit plasma dengan PT Agri Bumi Sentosa (ABS), Kamis (13/12022).

Kesepakatan ditandai dengan penandatanganan yang diwakili Adi Yunipriatmo selaku Area Manager Operasional PT ABS yang bertindak sebagai pihak pertama dengan Endang Sudrajat, selaku Kepala Desa Kolam Kanan sebagai pihak kedua.

Kesepakatan kedua belah pihak ini dinilai menjadi solusi terbaik setelah menjalani polemik hingga belasan tahun terakhir.

Dalam perjanjian ini, disepakati bahwa PT ABS memberikan pekerjaan sepenuhnya selama satu tahun kepada pihak kedua sesuai ketentuan dan akan diperpanjang di tahun berikutnya sesuai evaluasi masing-masing pihak.

Baca juga: Mahasiswa IPA FKIP ULM Membuat Roket Bersama Siswa SMPN 6 Alalak Kabupaten Batola

Baca juga: Melalui Video For Your Page, Pemuda Handil Tura Batola Sampaikan Kondisi Jalan Rusak

Operasional yang dilakukan pihak kedua meliputi pekerjaan angkut Tandan Buah Segar (TBS), tunas pokok, panen dan gawang manual.

Adapun untuk pelaksana pekerjaan teraebut, Pemdes Kolam Kanan menunjuk Bumdes Adil Sejahtera.

"Dengan perjanjian ini kami niatkan untuk keuntungan bersama. Baik itu masyarakat petani Kolam Kanan, Batola, juga pihak perusahaan yang investasi," ungkap Endang.

Ia pun menyampaikan, selama ini pemerintah desa hanya mengandalkan Dana Desa, maka sulit untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dengan adanya investasi di desa mereka, kenapa pihaknya harus tutup mata.

Adapun mengenai perjanjian operasional yang telah disepakati ini, Endang juga mewanti-wanti, kalau terjadi pergerakan-pergerakan di luar Bumdes, pihaknya tidak ikut-ikutan dan tidak akan mengizinkan hal tersebut terjadi.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved