Breaking News:

Berita Banjarmasin

Peringati Hari Dharma Samudera, Lanal Banjarmasin Gelar Tabur Bunga di Perairan Barito

Jajaran Lanal Banjarmasin Memperingati Hari Dharma Samudera dengan tabur bunga di Muara Sungai Barito, Kalsel, menggunakan KAL Kumai II-13-51.

Penulis: Muhammad Rahmadi | Editor: Alpri Widianjono
LANAL BANJARMASIN
Peringatan Hari Dharma Samudera oleh Pangkalan TNI AL (Lanal) Banjarmasin, setelah upacara melaksanakan tabur bunga di perairan Barito, Kalimantan Selatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID,  BANJARMASIN - Memperingati Hari Dharma Samudera ke-60 pada 15 Januari 2022, dengan tema Mengenang Pertempuran Laut, Lanal Banjarmasin melaksanakan upacara tabur bunga.

Kegiatan di Muara Sungai Barito, Kalimantan Selatan (Kalsel), tersebut menggunakan KAL Kumai II-13-51.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M Tr Hanla.

Acara diawali dengan pembacaan sejarah Pertempuran Laut, penghormatan kepada arwah pahlawan, mengheningkan cipta.

Dilanjutkan, pelarungan karangan bunga, pembacaan amanat, penghormatan terakhir kepada para arwah pahlawan dan ditutup dengan tabur bunga.

Baca juga: Khawatir Timbul Korban, Warga Banjarmasin ini Berinisiatif Tutup Lubang di Trotoar Jalan S Parman

Baca juga: Kecelakaan di Kalsel - Mobil Terbalik di Desa Murung B HST, Begini Kondisi Penumpang dan Sopir

Setelah pelaksanaan, Danlanal Banjarmasin mengungkapkan, Hari Dharma Samudera merupakan hari bersejarah yang mengandung unsur patriotisme (Heroisme).

Peristiwa itu adalah pertempuran laut yang dilakukan para prajurit pilihan TNI Angkatan Laut di perairan Laut Arafuru, pada 15 Januari 1962.

Sebelum kegiatan dilaksanakan, Lanal Banjarmasin telah melakukan rangkaian kegiatan, di antaranta ziarah dan tabur bunga di TMP Bumi Kencana dan Makam Pahlawan Nasional Brigjen TNI (Purn) H Hassan Basry.

"Upacara tabur bunga merupakan wujud pemberian penghargaan dan penghormatan atas jasa dan pengorbanan, para pahlawan yang telah gugur pada pertempuran laut, dalam upaya merebut dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Danlanal, Sabtu (15/1/2022).

Komandan KAL Kumai II-13-51, Kapten Laut (P) Hendi, menambahkan, kegiatan itu melibatkan satu unit Rigid Hulled Inflatable Boat (RHIB) sebagai unsur pengamanan.

Baca juga: Jadi Kampung Wisata, ini Sosok Pencetus Kampung Anggur di Kota Banjarmasin

Baca juga: VIDEO Banjir di Kalsel, Polsek Matraman Kabupaten Banjar Masih Terendam Banjir

Disampaikan juga ucapan terima kasih atas terselenggaranya acara tersebut telah berjalan lancar dan khidmat dengan dukungan para prajurit Lanal Banjarmasin.

Turut hadir, perwira staf dan prajurit, Ketua Jalasenastri Cabang 4 Korcab XIII DJA II, Farrah Herbiyantoko, beserta pengurus. 

Selama kegiatan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, guna memutus mata rantai penyebaran dan menekan angka kasus Covid-19.

(Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Rahmadi)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved