Perawatan Mobil

Cara Cuci Mobil yang Benar dan Tetap Kinclong

Menurut Muhtadin, pengelola cuci mobil di Kota Banjarbaru, jika mobil sering lintasi jalan becek sebaiknya dicuci 2 hari sekali. Cat pun akan terawat.

Penulis: Salmah | Editor: Alpri Widianjono
SALON MOBIL JONI
Mencuci mobil. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Merawat mobil baik interior dan eksterior adalah hal yang harus dilakukan secara rutin mobil tetap bersih, wangi, rapi tentunya tetap kinclong. 

Membersihkan mobil atau mencucinya bisa menggunakan jasa pencucian atau salon mobil. Tapi jika rajin mencuci sendiri juga silakan, asalkan ada peralatan dan air bersih yang mengalir.

Nah lantas kapan waktu yang tepat mencuci mobil? Menurut Muhtadin, pengelola cuci mobil di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), jika setiap hari dikendarai dan melewati jalanan berdebu atau becek, sebaiknya dicuci miminal dua hari sekali tanpa menggunakan shampo mobil. 

"Mencuci mobil menggunakan sampo sebaiknya dilakukan setiap seminggu sekali untuk menjaga ketahanan cat mobil," sarannya, Senin (17/1/2022).

Adapun Joni, pemilik salon mobil di Kota Kandangan, Kabupaten HSS (Hulu Sungai Selatan), menjelaskan, mencuci mobil itu tak semata bertujuan bersih dan rapi.

Baca juga: Kemewahan Mobil Baru Baim Wong, Ayah Kiano Tiger Wong Rela Nunggu di Pinggir Jalan

Baca juga: Berhadian Jutaan Rupiah, BEM dan HIMA FH Uniska Bakal Gelar Kompetisi Artikel Hukum Regional Kalsel

"Dengan mencuci mobil, berarti kita juga menjaga kondisi cat mobil. Sebab, cat mobil ada semacam pori-pori pada permukaannya. Jika mobil jarang dicuci,  pori-pori tersebut akan tertutup oleh kotoran sehingga makin sulit dibersihkan," jelasnya.

Langkah pencucian, memulainya dengan membasahi seluruh bodi mobil. Diamkan beberapa saat agar kotoran yang menempel lebih mudah lepas atau luntur.

Boleh menggunakan semprotan bertekanan tinggi. Air akan membantu melunakkan lumpur kering, sehingga lebih mudah dibersihkan tanpa perlu menggosok mobil.

"Tapi, jangan menyemprot body mobil secara garis lurus langsung ke bodi, sebab bodi bisa penyok, melainkan dengan cara semprot agak menyamping," jelasnya.

Cuci mobil dari atap mobil atau bagian yang terbersih. Maka, air sabun mengalir ke bawah, sehingga melunakkan lumpur kering dan mudah dibersihkan.

Baca juga: Respon Ibu Sule Saat Nathalie Holscher Beri Hadiah Mobil, Ini Tindakan Sang Emak

Baca juga: Geliat Wisata Religi, Sekumpul Dikunjungi Warga Luar Kalsel

Dari atas lanjut ke bagian kapan atau penutup mesin, jika mobil bermoncong Kemudian bagian depan dan samping serta belakang. Setelah itu, bagian bawah, sekaligus mencuci ban mobil dan bagian detil mobil lainnya.

Setelah mobil bersih, perlu dilakukan adalah membilas. Gunakan air bersih dan mengalir. Bilas mulai dari bagian atas bodi, kemudian kaca, hingga ban dan lainnya.

Selesaikan proses pembilasan dengan mengeringkan body mobil menggunakan lap plas chamois yang sudah siapkan.

(Banjarmasinpost.co.id/Salmah Saurin)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved