Berita Jakarta

VIDEO Ibu Hamil di Depok Jual Ginjal Supaya Bisa Lunas Utang Hampir Rp 1 Miliar

Seorang ibu warga Depok jual ginjalnya untuk bisa lunasi utang ke teman dan rentenir total hampir Rp 1 miliar akibat bangkrut di bisnis minyak goreng.

BANJARMASINPOST.CO.ID, DEPOK - Seorang perempuan yang tengah hamil berinisial MM (23) di Depok, Jawa Barat, berencana men jual ginjal untuk bisa melunasi utangnya hampir Rp 1 miliar.

Dia mengaku terlilit utang lantaran usaha bisnis minyak goreng selama tiga bulan mengalami kebangkrutan. Dirinya sudah mendapat izin dari sang suami.

Dikutip dari KOMPAS.com, Sabtu (22/1/2022), diketahui kalau MM baru pertama kali melakoni bisninya itu.

Dia menjual barang dagangannya dengan harga murah agar cepat habis. Untuk itu, rela jual rugi.

"Karena saya baru pertama kali (berbisnis), saya ga bisa mengendalikannya. Jadi, saya mengalami kerugian yang cukup besar, hampir Rp 1 miliar," ujar MM kepada wartawan, Kamis (21/1/2022).

Dia ingin dagangannya cepat laku dan mendapat untung lagi. Namun saat itu harga minyak goreng mengalami lonjakan. Sehingga menyiasati dengan menjual harga murah.

Membeli minya goreng per karton senilai Rp 225 ribu, menjualnya dengan harga Rp 186 ribu. "Saya beli minyak per karton seharga Rp 225 ribu,jualnya Rp 186 ribu. Jadi, saya jual rugi," tukasnya.

Karena mengalami kerugian, lalu meminjam uang dari beberapa pihak, termasuk rentenir sebesar Rp 10 juta dengan pengembalian dua kali lipat termasuk bunga.

"Ada utang di rentenir cukup gede. Saya minjam Rp 10 juta, minta dibalikinnya Rp 15-20 juta. Jadi numpuk. Tiap malam ke rumah. Kadang kalau saya gak ada, dia nungguin sampai pagi," ungkapnya.

Makin lama, utangnya makin menumpuk hingga mencapai Rp 1 miliar. Bahkan pinjam uang lagi dari teman untuk menutupi utangnya dari pihak lain.

"Saya minjem temen saya untuk melunasi utang, terus saya bingung mau bayar pakai apa. Saya pinjam lagi ke temen untuk ganti uang temen saya, gali lubang tutup lubang," keluhnya.

Akhirnya, munculrencana menjual satu ginjal untuk melunasi utang dan telah mendapatkan persetujuan dari pihak keluarga termasuk suami.

Dirinya siap menerima risiko, jika ginjal di tubuhnya tersisa satu. "Iya, saya niat jual ginjal biar hidup saya tenang,  gak dikejar-kejar orang. Saya sudah nerima, sudah siap ke depannya seperti apa jika ginjal saya sudah terjual. Suami juga sudah setuju," bebernya.

Hingga kini, MM masih berusaha untuk men jual ginjalnya. Sempat pula menyambangi rumah sakit.

"Kemarin sempet ke beberapa rumah sakit, cuma (dokter bilang) risikonya gede. Apalagi kondisi setelah melahirkan, gak boleh banyak capek," katanya. (Tribun-Video.com/KOMPAS.com)

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved