Ekonomi dan Bisnis

 Minyak Goreng Satu Harga Rp 14 Ribu Ludes, Disdag Kalsel Minta Warga Tidak Panic Buying

Pemerintah kembali menyiapkan operasi pasar minyak goreng harga Rp 14 ribu tahap II

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/nurholis huda
Operasi pasar minyak goreng satu harga Rp 14 ribu digelar di Kabupaten Banjar pada 20 januari 2022. 

BANJARMASINPOST, BANJARBARU - Minyak goreng satu harga Rp 14 ribu di retail modern begitu cepat ludes. Situasi ini, menjadi catatan sendiri bagi pemerintah.

Kepala Dinas Perdagangan Kalsel, Birhasani menjelaska,  sebagian ritel modern di Kalsel masih menunggu suplai (minyak goreng), sebagian masih ada.

"Di sebagian pasar tradisional dari kemarin sudah mulai dengan dipasok harga 14 ribu dengan merek Alif. Tentu ini belum pulih betul, masih masa transisi, recovery dari harga lama ke baru," kata Birhasani, Minggu (23/1/2022)

Dia meminta pula kepada warga untuk tidak panik buying dengan cara memborong.  Jadi beli minyak goreng sewajarnya di retail modern.

Baca juga: Pasar Murah Digelar di HST, Minyak Goreng Rp 14 Ribu dan Paket Sembako Langsung Ludes

Baca juga: VIDEO Hanya Sekitar 1 Jam, Minyak Goreng Ludes di Alfamart Jalan Indragiri Banjarbaru

Baca juga: Minyak Goreng Satu Harga Belum Berlaku di Pasar Tradisional, di Tanbu Migor Dijual Rp 20 Ribu 

Dalam proses transisi ini, sambungnya, pihaknya juga harus memberikan kesempatan kepada pedagang yang masih memiliki Minyak goreng (migor) dengan modal lama untuk segera terjual habis agar mereka tidak merugi.

"Selanjutnya setelah mereka beli dengan harga baru, maka pedagang diminta untuk menjual sesuai ketentuan Rp. 14.000/liter," urai Birhasani.

Sementara, selain daerah yang tidak tersedia retail modern, disaat masa transisi harga, pemerintah Kalimantan Selatan (Kalsel) dengan Kabupaten/kota serta didukung produsen minyak lokal akan melaksanakan Operasi Pasar tahap 2.

“Operasi pasar sudah tanggal 20 januari 2022 di kabupaten Banjar, hingga ke 13 kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan. Dan akan menyiapkan 20.000 liter minyak goreng dengan harga Rp 14.000/liter,” kata Birhasani. (Banjarmasinpost /Nurholis Huda)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved