Ekonomi dan Bisnis

Jual Minyak Goreng di Atas R 14 Ribu Per Liter, Ini Komentar Dinas Perdagangan Kalsel

Dinas Perdagangan Kalsel masih memaklumi ada yang menjual minyak goreng dengan harga di atas Rp 14 ribu per liter karena merupakan stok lama.

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/NURHOLIS HUDA
Penjualan minyak goreng murah di Indogrosir Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (26/1/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Tenggat waktu selama seminggu untuk pedagang di pasar tradisional menjual minyak goreng dengan harga tidak lebih dari Rp 14 ribu per liter, sudah habis.

Akan tetapi, masih ditemukan ada yang menjual dengan harga Rp 20 ribu per liter. 

"Saya beli di agen dengan harga tinggi. Jadi, saya jual masih Rp 20 ribu per liter," kata Sahri, penjual minyak goreng di eks Pasar Bauntung Kota Banjarbaru, Rabu (26/1/2022).

Namun, banyak pula yang menjual minyak goreng dengan harga yang sudah dianjurkan pemerintah. 

Baca juga: Stiker Harga Minyak Goreng Alif Kalsel Rp 14 Ribu Akan Ditempel di Setiap Toko

Baca juga: Kebakaran di Banjarmasin, Hanguskan Sejumlah Hunian, Terdata 20 Jiwa Kehilangan Tempat Tinggal

"Ya, kami sudah didatangi Sales minyak goreng dan yang lama diminta tidak dijual. Kami diminta menjual dengan harga yang terbaru, yaitu yang hanya harga Rp 14 ribu per liter," kata Mama Amat, penjual minyak goreng di Pasar Bauntung Banjarbaru.

Terpisah, Kepala Dinas Perdagangan Kalsel, Birhasani, mengatakan, masih memaklumi ada yang menjual minyak goreng dengan harga di atas Rp 14 ribu per liter. 

"Mulai Selasa, 25 Januari 2022, di beberapa toko di pasar tradisional sudah ada yang menjual dengan harga Rp 14.000 per liter, yaitu merk Alif, Sovia dan Siip, meski belum merata di semua toko dan pasar. Namun, memang ada yang masih jual dengan harga lama, " kata Birhasani

Tentunya, sambung Birhasani, tahapan disparitas harga di pasar tradisional mengenai harga minyak goreng ini melalui proses.

Baca juga: Kebakaran di Banjarmasin, Bocah 6 Tahun Terpanggang Saat Ruko Lantai 3 Terbakar

Baca juga: Korupsi Kalsel : Hadir Virtual, Terdakwa Kasus PT Pos di Kotabaru Dengarkan Dakwaan

"Mungkin mereka (pedagang) punya minyak goreng harga lama danmasih melakukan negosiasi dengan penyuplainya," jelas Birhasani

Dirinyahanya bisa menimbau kepada para penjual yang memiliki minyak gorengdengan modal lama supaya segera konfirmasi dan lapor kepada penyuplai atau distributor masing-masing. 

"Jika mereka tidak mengurusinya, maka tentu produknya yang masih modal lama tidak akan dibeli konsumen, seiring semakin banyak dan meluasnya minyak goreng satu harga dengan harga yang terjangkau, yaitu di Rp 14 ribu per liter," tandasnya.

Anda juga bisa tonton video di bawah ini, minyak goreng di Indogrosir:

(Banjarmasinpost.co.id/Nurholis Huda)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved