Berita Banjarmasin

Minta Kepala Otoritas IKN Baru Warga Kalimantan, Anggota DPRD Kalsel Ini Sebut Alasan Ini

Anggota DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi meminta Kepala otoritas IKN Baru orang Kalimantan. Karena, orang Kalimantan pasti tahu seluk beluk Kalimantan

Penulis: Milna Sari | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/milna sari
Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Yani Helmi inginkan Kepala Otoritas IKN Baru orang Kalimantan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pernyataan Edy Mulyadi dalam suatu video berisi kritiknya terkait pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan yang viral di media sosial juga menuai kecaman dari anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Yani Helmi.

Saat ditemui di DPRD Kalsel Rabu (26/1/2022) statement legislator Senayan Edy Mulyadi tersebut dinilainya menghina Kalimantan.

Yani mengharapkan masyarakat dapat bijak menyikapinya jangan sampai isu-isu negatif dari luar yang masuk dan memecah belah persatuan.

"Kita harap masyarakat tidak mudah terprovokasi dan bijak menyikapinya," ujarnya.

Baca juga: Jokowi Beri Sinyal, Ridwan Kamil Kandidat Berpotensi Pimpin IKN Baru

Baca juga: Kalimantan Jadi Trending di Twitter, Ucapan Edy Mulyadi Katakan IKN Tempat Jin Buang Anak

Baca juga: VIDEO Tri Rismaharini Disebut Berpeluang Ditunjuk Jokowi Jadi Kepala Otorita IKN Baru

Meski begitu ia memuji persatuan masyarakat Kalimantan terkait pernyataan Edy tersebut. Yani menduga jika ada pihak di pemerintahan yang kurang setuju adanya IKN di Kalimantan. 

"Harusnya itu bisa membicarakan langsung dengan pengambil kebijakan. Jadi menghindari saling sindir yang barangkali berujung kesalahpahaman," ucapnya.

Lanjutnya, dirinya juga mengharapkan masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh dengan hal-hal tersebut. Sehingga rencana pemerintah pusat pada IKN baru dapat berjalan lancar.

Ia juga menyarankan agar lebih baik masyarakat maupun pemerintah daerah khususnya Kalsel bisa berbenah menuju gerbang IKN baru baik dari sisi perkebunan, pertanian, perikanan serta ditunjang dengan infrastruktur. 

"Kita berikan dukungan, karena pada intinya yang diinginkan adalah pemerataan pembangunan, " terangnya.

Politisi Golkar Kalsel ini juga meminta agar Kepala Otoritas Ibu Kota Negara (IKN) baru di Provinsi Kaltim diharapkan warga yang berasal dari pulau Kalimantan.

"Hanya orang Kalimantan lah yang paling mengerti seluk beluk wilayah Kalimantan," tambahnya.

Baca juga: Pamer Video Pemenang Desain Ibu Kota Negara, Jokowi Wacanakan Bangun Tol ke Kalsel dari IKN Kaltim

Selain itu, Kalimantan juga tidak kekurangan sumber daya manusia (SDM) untuk menjadi Kepala Otoritas yang handal dalam mengelola pembangunan IKN yang baru. Dimana dalam tatananannya kepala otoritas ini setara dengan kementerian.

"Saya meminta kepada pemerintah pusat melalui presiden mempertimbangkan menunjuk orang Kalimantan sebagai kepala otoritas di IKN baru," paparnya.(Banjarmasinpost.co.id/Milna Sari)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved