Berita HST

Pamerkan Anggrek Meratus di Balai Rakyat Kota Barabai, Ini Tujuan PAI Kabupaten HST

Pameran Anggrek Meratus digelar di Balai Rakyat di Kota Barabai, Kabupaten HST, Provinsi Kalsel, 28 Januari hingga Selasa 1 Februari 2022.

Penulis: Hanani | Editor: Alpri Widianjono
NORLIANI UNTUK BPOST
Pengunjung Pameran Anggrek Meratus di Balai Rakyat, Kota Barabai, Kabupten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu (30/1/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) menggelar pameran Anggrek Meratus di Balai Rakyat di Kota Barabai, Provinsi Kalimantan Selatan.

Hasil kerja sama dengan Pemkab HST, Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN), serta seniman perupa, ini dilaksanakan sejak Jumat 28 Januari hingga Selasa 1 Februari 2022.

Sekretaris PAI Kabupaten HST, Reza Pahlifi, Minggu (30/1/2022), menjelaskan, total anggrek speciesdihari ketiha pameran dan bazar Anggrek Meratus ada 204 plant (rumpun).

Sedangkan anggrek hybrid sebanyak 115 rumpun. Kisaran harga antara Rp 30 ribuan sampai Rp 600 ribuan.

“Sebanyak 90 persen anggrek hybrid kami bazar (jualkan). Untuk spesies, hanya beberapa yang dijual,” sebut dia .

Baca juga: Meratus Orchid Show ke-9 2021, Berbagai Varian Anggrek Dipamerkan, Pengunjung Bisa Langsung Beli

Baca juga: Harga Minyak Goreng di HST Masih di Atas Rp 14 Ribu Per Liter, Pedagang Sebut Pasokan Dibatasi

Bazar spesies antara lain, anggrek aerides odorata, vanda tricolor, vanda dearie, coelogyne pandurta, serta banyak lagi lainnya.

Selama tiga hari, pengunjung cukup antusias datang ke lokasi pameran yang berada di tempat strategis perkantoran pemerintahah, dekat pasar serta Lapangan Dwi Warna di Kota Barabai, Provinsi Kalsel.

Insya Allah tiap akhir pekan atau bertepatan moment car free day PAI Kabupaten HST menggelar bazar di Balai Rakyat ini,” kata Reza.

Selain pameran anggrek juga ada kegiatan bazaar produk makanan olahan maupun kerajinan tangan dari UMKM yang tergabung di GKN Kabupaten HST. Juga ada pameran seni rupa dan lukisan di dalam Gedung Balai Rakyat.

Dijelaskan, dengan adanya pameran anggrek oleh PAI Kabupaten HST, bertujuan menumbuhkan kecintaan terhadap anggrek di semua lapisan masyarakat.

Baca juga: VIDEO Balai Adat Ulin Limpak, Bangunan Sederhana Dikelilingi Pemandangan Asri di Desa Kindingan HST

Baca juga: Prakiraan Cuaca Besok 31 Januari 2022, BMKG Perkirakan Kalsel Berpotensi Hujan Disertai Petir

“Khususnya di Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang di Pegunungan Meratus tersebut kaya dengan berbagai spesies anggrek,” katanya.

Untuk para UMKM, tentunya menjadi ajang promosi produk usaha kecil untuk memperluas pemasaran.

Sedangkan karya lukisan maupun seni rupa, diharapkan agar generasi muda tak hanya mengenal karya pelukis dan seni rupa Kabupaten HST, tapi juga mengenal para senimannya. 

(Banjarmasinpost.co.id/Hanani)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved