PT PLN Persero UPDK Barito

Implementasi TKDN PLN UPDK Barito

PT PLN (Persero) terus meningkatkan pemakaian produk dalam negeri di berbagai proyek kelistrikan demi memacu pertumbuhan industri

Editor: Eka Dinayanti
PT PLN (Persero) UPDK Barito
ingkat Pencapaian TKDN untuk PT PLN (Persero) UPDK Barito sampai dengan 31 Desember 2021 adalah sebesar 75%. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Mendukung peningkatan hilirisasi industri di Indonesia, PT PLN (Persero) melakukan penerapan TKDN dalam seluruh proses bisnisnya.

TKDN adalah singkatan dari Tingkat Komponen Dalam Negeri yang merupakan program pemerintah melalui kementrian Perindustrian sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2018 tentang Pemberdayaan Industri dan Keputusan Presiden No 24 Tahun 2018 tentang Tim Nasional Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri.

Tujuan penerapan TKDN tersebut salah satunya adalah untuk mengurangi tingkat ekspor material mentah ke luar negeri yang selanjutnya diikuti dengan tingginya impor barang jadi dari luar negeri.

Dengan adanya TKDN ini diharapkan pelaku-pelaku usaha di Indonesia dapat mengolah terlebih dahulu material mentah sampai menjadi barang siap pakai sebelum dilakukan ekspor ke luar negeri.

PT PLN (Persero) terus meningkatkan pemakaian produk dalam negeri di berbagai proyek kelistrikan demi memacu pertumbuhan industri dan perekonomian nasional.

PT PLN (Persero) melakukan penerapan TKDN dengan cara memilih pelaku-pelaku usaha yang telah tersertifikasi TKDN oleh Lembaga yang berwenang.

Selanjutnya, Rasio TKDN tersebut menjadi bagian dari Target Kinerja Perusahaan tidak terkecuali untuk PT PLN (Persero) UPDK Barito.

Penerapan TKDN di lingkungan PT PLN (Persero) UPDK Barito mengikat pada proses bisnis Pengadaan Barang dan Jasa.

Di awal prosesnya, sebelum melakukan Pengadaan Barang dan Jasa, dilakukan perhitungan Target nilai TKDN oleh Direksi Pekerjaan dan Perencana Pengadaan PT PLN (Persero) UPDK Barito untuk pengadaan tersebut.
Selanjutnya bagian Pengadaan PT PLN (Persero) UPDK Barito melakukan seleksi calon Penyedia Barang dan Jasa yang memenuhi secara harga dan kemampuan TKDN sesuai dengan target TKDN yang telah ditentukan sebelumnya.

Pada Tahun 2021, Tingkat Pencapaian TKDN untuk PT PLN (Persero) UPDK Barito sampai dengan 31 Desember 2021 adalah sebesar 75%.

Pencapaian tersebut cukup tinggi mengingat penerapan TKDN di PT PLN (Persero) UPDK Barito baru dimulai sejak pertengahan tahun 2020.

“Selanjutnya kami akan terus meningkatkan penerapan TKDN di lingkungan PT PLN (Persero) UPDK Barito untuk mendukung program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dan meningkatkan ekosistem industri Lokal terutama di wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah di bidang ketenagalistrikan,” kata Nazrul Very Andhi, Manager PT PLN (Persero) UPDK Barito. (aol)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved