Ekonomi dan Bisnis

Sebagian Toko Sembako di Kota Banjarbaru Alami Stok Kosong Minyak Goreng Murah

Toko sembako di Kota Banjarbaru ada yang tidak diantari stok minyak goreng oleh sales, sedangkan stok di ritel modern cukup hingga dua minggu.

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/NURHOLIS HUDA
ILUSTRASI - Minyak goreng murah di Indogrosir Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (26/1/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Sebagian Toko Sembako di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel) mengalami stok kosong akan minyak goreng yang murah atau dengan harga Rp 14 ribu. 

Alasannya, oleh sales minyak goreng sudah sekitar 10 hari tidak antar barang. Sehingga, minyak goreng murah yang dijual sudah kehabisan stok. 

Semisal di toko Sahran di Wengga, sudah 10 hari sales tidak ada mengirim lagi. "Kemarin ada datang salesnya, tapi tidak bawa minyak goreng murah. Kosong katanya," ujarnya, Minggu (6/2/2022).

Masih dijelaskan Sahran, kalau di tokonya yang dijual murah adalah merk Sovia dan beberapa merk lainnya. "Ini sisa 4 bungkus saja lagi," kata dia. 

Juga ada di Tokoh Zeim di kawasan bundaran Palm, Kota Banjarbaru, tidak ada stok minyak goreng murah. "Tidak ada. Kami kosong stoknya sudah beberapa hari," kata salah satu penjaga toko.

Baca juga: Harga Daging Ayam Ras di Batola Masih Tinggi, Per Kilo Capai 43 Ribu

Baca juga: Tak Kantongi Izin, Acara Musik di Taman Budaya Kalsel di Banjarmasin Dibubarkan

Bukan hanya di toko sembako biasa. Minyak goreng murah di toko retail modern juga terlihat kosong. 

Menurut Kepala Dinas Perdagangan Kota Banjarbaru, Abdul Basid, menjelaskan, info dari ritel Alfamart  dan Indomaret stok di ritel cukup. 

"Cuma, apabila minyak goreng dipajang, langsung diserbu warga. Karena itu, ritel membatasi 1 orang cukup 2 liter. Info dari pimpinan Alfamart dan Indomaret, persediaan di gudang cukup. Namun jumlahnya tidak tahu, karena hari ini minggu, jadi tidak dapat menghitung total jumlah total yang tersedia," jelas Abdul Basid. 

Jika di beberapa toko sembako di Kota Banjarbaru stok minyak goreng sebagian kosong, maka tidak terjadi di retail modern. 

Seperti dijelaskan oleh Member Service Manager Indogrosir Banjarmasin, Sugeng Priyanto, Minggu (6/2/2021). 

Baca juga: Geluti Usaha Sablon, Baru Setahun Soehaimi Mampu Nambah Unit Mesin baru dan Rekrut Pekerja Segini

Baca juga: Kasus Omicron Pada Anak dan Remaja Meningkat, Anggota Tim Pakar ULM Minta Kalsel Makin Waspada

"Tidak ada kosong. Kami stok tersedia dan tetap lakukan penjualan ke pedagang yang sudah langganan," tandas Sugen Priyanto. 

Dijelaskan Sugeng Priyanto, stok di Indogrosir untuk minyak goreng harga murah Rp 14 ribu masih tersedia. Stok cukup sampai sekitar dua mingguan. 

Dijelaskan dia, di Indogrosir, selalu tunduk dan taat dengan aturan pemerintah beserta Aprindo, serta arahan dari manajemen pusat.

"Kami juga tidak boleh menimbun, apalagi jual dengan barang lain. Sejauh ini, aman stok dan penjualan lancar saja," tandasnya. 

Adapun harga di Indogrosir, minyak goreng 2 liter Rp 28 ribu. Untuk 1 liter minyak goreng Rp14 ribu. Bahkan, untuk harga pedagang Rp, 13.500 per liter. 

(Banjarmasinpost.co.id/Nurholis Huda)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved