Ekonomi dan Bisnis

Upaya Hindari Terjadi Kekosongan Stok Minyak Goreng Murah di Provinsi Kalsel

Dinas Perdagangan Kalsel kerja sama dengan distributor minyak goreng Alif menyuplai ke toko-toko di seluruh daerah dan juga menggelar operasi pasar.

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Alpri Widianjono
DINAS PERDAGANGAN KALSEL
Toko sembako terpasang stiker distributor minyak goreng Alif dari Kalimantan Selatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Penjualan minyak goreng dengan harga Rp 14 ribu per liter, masih jadi sorotan masyarakat Kota Banjarmasin dan sekitarnya, Kalimantan Selatan, karena sering kosong di toko. 

Hal ini membuat Dinas Perdagangan Kalsel langsung inspeksi mendadak ke lapangan.

Kegiatan dilakukan dua kali, yaitu ke 3 perusahaan distributor di Kota Barabai, Kabupaten HST (Hulu Sungai Tengah) dan kemudian di dua perusahaan distributor di Kota Banjarmasin. 

Hasilnya, di tingkat distributor tidak ada penimbunan. Kondisi stoknya memang minim/menipis, terjadi perlambatan suplai dari produsen minyak goreng  ke distributor. 

"Meskipun para distributor sudah mengajukan permintaan pasokan, perkiraan pasokannya akan tiba dalam minggu depan," kata Kepala Dinas Perdagangan Kalsel, Birhasani, Minggu (13/2/2022).

Baca juga: Harga Pertamax Turbo dan Dexlite Naik, Pengusaha Angkutan di Kalsel Mengaku Tak Terlalu Pengaruh

Baca juga: Pendaftaran KIP Kuliah 2022 Sudah Dimulai, Simak Cara dan Syarat Ikut Seleksi

Dijelaskan Birhasani, permasalahan ini terjadi secara nasional dan sudah dilaporkan ke Kementerian Perdagangan untuk segera ditangani agar tidak terjadi kelangkaan yang lebih luas. 

"Konfirmasi dari Direktur Bahan Pokok dan Bahan Penting Kemendag bahwa atas kondisi tersebut segera  dilakukan pertemuan antara Kemendag dengan produsen CPO, produsen minyak goreng dan pihak terkait lainnya," jelas dia. 

Ini penting karena jika terjadi kekosongan stok di tingkat distributor, maka akan berakibat kelangkaan di tingkat pengecer.

Untuk di Kalsel, dinas meneruskan kerja sama dengan produsen lokal yaitu TP Sime Darby Oils dengan merk Minyak Goreng Alif, melalui dua kegiatan.

"Dengan Alf, kegiatan pertama kami yakni melakukan Distribusi Migor langsung oleh Distributor Alif ke toko-toki di pasar tradisional di kota dan kabupaten yang sudah diberi tanda stiker minyak Alif," jelasnya.

Baca juga: Aruh Adat Digelar, Pria Suku Dayak di Balangan Kalsel Bawa Parang Saat Pelaksanaan 

Baca juga: Asyik Layani Pria Hidung Belang di Warung Remang, Perempuan Asal Banjarmasin Terciduk Satpol PP Tala

Program kedua, membuka kesempatan kepada kota dan kabupaten se Kalsel untuk melaksanakan operasi pasar  minyak goreng di wilayahnya masing-masing. 

"Untuk program kedua ini, tidak saja dikerjasamakan dengan distributor Minyak Goreng Alif, tapi juga dengan distributor merk Rosebrand, Batik, Sovia dan lain sejenisnya," jalas Birhasani.

(Banjarmasinpost.co.id/Nurholis Huda)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved