Ekonomi dan Bisnis

VIDEO Harga Pakan Ikan di Banjarbaru Naik, Petshop Andalkan Pencinta Burung dan Kucing

Pakan ayam dan ikan naik di Petshop Kota Banjarbaru per kilogram dari Rp 8 ribu jadi Rp 10 ribu, pakan kucing dari Rp 13 ribu jadi Rp 15 ribu per kg.

Penulis: Salmah | Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Pandemi Covid-19 ternyata mempengaruhi harga pakan hewan peliharaan yang sampai saat ini masih terus merambat naik.

Situasi demikian mengakibatkan penjualan beberapa jenis pakan di petshop mengalami kelesuan, seperti di Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan.

Dikatakan Reza, pemilik Toko Rezeki Ryan Fadhil di Kota Banjarbaru, sejak 2020 beberapa jenis pakan untuk hewan peliharaan mengalami kenaikan harga. Terutama pada pakan ikan dan Pakan ayam.

"Pakan hewan peliharaan memang mengalami kenaikan, khususnya untuk pakan ayam dan ikan," katanya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Baca juga: UMKM di Kabupaten HST Mulai Bangkit, Perajin Keluhkan Mahalnya Biaya Label Halal

Baca juga: VIDEO Aliansi Pekerja Buruh Banua Kalsel Gelar Unjuk Rasa Tolak Permenaker Nomor 2 Tahun 2022

Pakan ayam dan ikan naik per kilogramnya dari Rp 8 ribu, sekarang menjadi Rp 10 ribu. Kenaikan pada pakan ternak komersil ini memang bertahap, namun cukup menurunkan angka penjualan.

"Penurunan penjualan untuk pakan ayam dan ikan itu hingga 50 persen. Banyak pelanggan yang tidak lagi membeli," imbuh Reza.

Saat ini tokonya lebih mengandalkan penjualan untuk hewan peliharaan rumahan, yaitu bagi pehobi burung, pencinta kucing, kelinci dan lainnya yang masih lumayan pembelinya.

Pakan kucing baru saja naik dari Rp 13 ribu menjadi Rp 15 ribu per kg, pakan kelinci yang semula Rp 9 ribu sekarang menjadi Rp 12 ribu.

Baca juga: Kanwil Kemenkumham Kalsel Ajak Pengusaha Banua Paham Manfaat dan Pentingnya Kekayaan Intelektual

Baca juga: Brand Lokal Asal Banjarmasin La Sabelle Wakili Indonesia di Paris Fashion Week 2022

Selain mengandalkan pakan hewan peliharaan rumahan, Reza juga masih berharap pada penjualan produk lainnya untuk pendukung hewan peliharaan.

Produk yang dijual, antara lain tempat makan dan minum, obat dan vitamin, serta berbagai aksesori.

(Banjarmasinpost.co.id/Salmah Saurin)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved