PT PLN Persero UIP Kalbagtim

PLN Tingkatkan Keandalan Listrik di Kotabaru

Pembangunan ini sebagai upaya untuk melayani kebutuhan listrik masyarakat di Kabupaten tersebut lebih andal.

Editor: Eka Dinayanti
PT PLN (Persero) UIP Kalbagtim
PT PLN (Persero) melalui Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP Kalbagtim) tengah melaksanakan pekerjaan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150kV Selaru – Sebuku 

SUTT 150 kV Selaru - Sebuku Jadi Jawaban Pemenuhan Kebutuhan Listrik di Kabupaten Kotabaru

BANJARMASINPOST.CO.ID - Melihat adanya potensi pengembangan daerah di Kabupaten Kotabaru, PT PLN (Persero) melalui Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP Kalbagtim) tengah melaksanakan pekerjaan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150kV Selaru – Sebuku yang melintas di Kabupaten Kotabaru dengan lintasan sepanjang 75 kilo meter sirkit.

Pembangunan ini sebagai upaya untuk melayani kebutuhan listrik masyarakat di Kabupaten tersebut lebih andal.

“Kebutuhan akan konsumsi tenaga listrik semakin meningkat, akan tetapi di Kalimantan Selatan masih terdapat daerah yang belum berlistrik 24 jam, yaitu Pulau Sebuku. Hal ini menjadi tugas dari PLN sebagai penyedia tenaga listrik agar dapat memberikan tenaga listrik yang berkeadilan untuk seluruh masyarakat Indonesia. Dengan pembangunan SUTT 150kV Selaru – Sebuku diharapkan dapat memberikan sistem kelistrikan yang andal dan berkeadilan tentunya,” ucap Josua Simanungkalit, General Manager PLN UIP Kalbagtim.

Sebanyak 1.981 pelanggan di Pulau Sebuku yang hingga pada saat ini hanya dapat menikmati listrik selama 12 jam setiap hari dimana diketahui sistem kelistrikan tersebut hanya ditopang oleh Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD). Diharapkan dengan penyelesaian pembangunan SUTT 150kV Selaru – Sebuku, kedepan pengoperasian tenaga listrik bagi masyarakat dapat ditingkatkan menjadi 24 jam.

Pembangunan tersebut juga dapat memenuhi permintaan pelanggan tegangan tinggi yang ada di daerah tersebut yaitu PT Sebuku Icon Lateritic Ores (SILO) untuk dapat mengakomodir kebutuhan listrik hingga 60 MVA sebagai penunjang bisnis perusahaan

“Pembangunan ini menjadi prioritas dikarenakan memberi manfaat yang banyak. Masyarakat mendapatkan supply listrik maksimal, pemenuhan permintaan daya bagi perusahaan setempat sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di sekitar, serta penghematan bagi negara dengan mengurangi pengoperasian pembangkit berkonsumsi BBM,” tambah Josua.

Pekerjaan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan yang dilaksanakan PLN UIP Kalbagtim melalui UPP Kalbagtim 4 yang dipimpin oleh Arie Nugroho Ardianto diharapkan selesai sesuai waktu yang direncanakan.

Dengan perencanaan 109 tapak tower pada jalur lintasan transmisi, saat ini pembebasan tanah untuk tapak tower telah bebas sebanyak 44 tapak, 51 tapak sudah mendapatkan ijin kerja bersamaan proses pengadaan 14 tapak lainnya. Konstruksi pondasi tapak tower pun langsung dilaksanakan oleh PLN dimana sebanyak 21 pondasi tapak tower telah diselesaikan.

Kerjasama dengan pemerintahan daerah, instansi hukum, perusahaan dan masyarakat yang berkepentingan dilaksanakan agar proses pengadaan tanah dan kosntruksi pembangunan dapat terlaksana baik dan berjalan sesuai peraturan yang berlaku.

“Terimakasih atas kerja sama Pemerintah Daerah, Instansi Hukum, Perusahaan serta seluruh elemen masyarakat yang terus mendukung pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan di Provinsi Kalimantan Selatan terutama pembangunan SUTT 150 kV Selaru – Sebuku. Kami berharap pembangunan ini dapat meningkatkan keandalan sistem kelistrikan dan memberi manfaat sebesar – besarnya bagi Masyarakat di Kabupaten Kotabaru,” tutup Josua. (aol)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved