Berita Kabupaten Banjar

Rumah Kosong di Kelurahan Jawa Kota Martapura Nyaris Ludes Dilalap Api

Bagian dapur rumah kosong nyaris habis terbakar di alan A Yani Km 40, Gang 46, Kelurahan Jawa, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalsel.

Penulis: Mukhtar Wahid | Editor: Alpri Widianjono
DPKP BANJAR
Regu pemadam kebakaran semprotkan air ke rumah kosong yang terbakar di Kelurahan Jawa, Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (26/2/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Satu rumah tak berpenghuni di Jalan A Yani Km 40, Gang 46, Kelurahan Jawa, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, hampir ludes dilalap api, Sabtu (26/2/2022) sekitar pukul 18.57 Wita.

Kawasan itu cukup padat penduduknya, kebanyakan rumah warga setempat bentuknya desain lama dan rata-rata berbahan kayu, akses jalan hanya dapat dilintasi kendaraan roda dua saja. 

Beruntung, relawan pemadam kebakaran terdekat sigap memadamkan kobaran api dengan mesin pompa, sumber air dari sumur gali milik warga sekitar.

"Alhamdulillah, relawan pemadam cepat datang. Air sumur milik orangtua kami yang disedot untuk memadamkan kobaran api," ujar Diana.

Baca juga: Densus 88 Geledah Rumah di Sungai Lulut Kabupaten Banjar Kalsel, Ketua RT Ikut Menyaksikan

Baca juga: Keracunan Massal di Alalak Kabupaten Batola Kalsel, 2 Anak Opname di RSUD Ansari Saleh

Diana mengaku rumah yang terbakar itu sudah lama tidak dihuni, karena pemiliknya, Acil Magdad meninggal. "Rumah itu mau dijual ahli warisnya dan sudah lama tidak ditempati," katanya.

Pantauan Banjarmasinpost.co.id, rumah yang terbakar itu tidak dialiri listrik. Ada spanduk tulisan rumah mau dijual, ukuran 300,2 meter persegi dan bekas terbakar di bagian dapur, lantai kedua.

Rumah itu semi permanen terbuat dari kombinasi bahan semen dan kayu, sebagian kayu bangunan sudah lamuk, termakan usia dan terkesan tidak terawat.

Ada tiga rumah di sekitar lokasi yang terbakar yang tak berpenghuni dan semua tidak dialiri arus listrik.

Baca juga: Kebakaran Sungai Riam Kabupaten Tala Kalsel, Api Muncul dari Dapur

Baca juga: Pembunuh Pengamen di Pasar Antasari Banjarmasin Ditangkap, Perkara Sepele Jadi Penyebabnya

Sementara, UPT Dinas Damkar dan Penyelamatan Kabupaten Banjar, andil melakukan pendinginan dan pendataan.

Kepala Seksi Damkar, Penyelamatan dan Evakuasi pada UPT Dinas Damkar dan Penyelamatan Kabupaten Banjar, Gusti Yudhi, saat dikonfirmasi, membenarkan.

Menurutnya relawan pemadam kebakaran di Martapura sigap dalam melakukan pemadaman api sehingga kebakaran tidak merembet ke rumah tetangga lainnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid)

  • Berita Terkait :#Berita Kabupaten Banjar
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved