Berita Balangan

Meski Libur Nasional, Penjaringan Warga Belum Bervaksin Gencar Dilaksanakan di Balangan 

Tim vaksinator beserta jajaran Polsek Paringin dan Koramil Paringin kembali melakukan penjaringan masyarakat yang belum bervaksin

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Pengendara melintas di Jalan A Yani Sungai Ketapi, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan dihentikan untuk pemeriksaan vaksin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Upaya percepatan vaksinasi di Kabupaten Balangan terus berlangsung. Meski hari libur nasional, vaksinasi terus dilakukan. 

Kali ini, tim vaksinator beserta jajaran Polsek Paringin dan Koramil Paringin kembali melakukan penjaringan masyarakat yang belum bervaksin.  Kegiatan digelar di Jalan A Yani, Desa Sungai Ketapi, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, Senin (28/2/2022).

Setiap pengendara yang melintas di kawasan tersebut dihentikan. Mereka ditanya mengenai sudah atau belum bervaksin yang dibuktikan dari kartu vaksin atau data vaksin pada aplikasi. Ada pula warga sekitar yang datang sukarela untuk mendapat suntikan vaksin tersebut. 

Diketahui vaksin yang diberikan ialah jenis sinovac. Rupanya, meski banyak warga yang terjaring, ketersediaan jenis vaksin menjadi kendala. 

Baca juga: Percepat Cakupan Vaksinasi Covid-19, Polres Tabalong Sasar Pengendara Roda Dua

Baca juga: Terus Dimonitor Kapolri, Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun di Kalsel Capai 47,90 Persen

Baca juga: Tinjau Vaksinasi Anak di SDN 158 Pekanbaru, Menko Airlangga Beri Motivasi Anak-anak

Kapolsek Paringin, Ipda Eko Budi Mulyono menerangkan, meski banyak warga yang kedapatan belum vaksin, namun sebagian mereka tidak bisa mendapatkan vaksin tersebut. Karena rata-rata vaksin dosis satu warga bukan sinovac. 

"Banyak yang kami temukan belum divaksin, namun jenis vaksin yang ada tidak bisa diberikan, karena kami hanya menyediakan vaksin jenis sinovac," ucap AKP Eko Budi Mulyono. 

Kegiatan vaksinasi berlangsung hingga siang. Warga yang bisa menerima vaksinasi langsung disuntik di tempat. 

Sebelumnya, Satgas Covid 19 Kabupaten Balangan juga aktif menyediakan vaksin jenis astra zaneca yang tanggal kadaluarsanya terhitung 28 Februari 2022 ini.  

Berkat gerak cepat semua pihak, baik pemerintahan, TNI Polri dan partisipasi masyarakat, vaksin astra zaneca berhasil dihabiskan dalam waktu cepat. 

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Ahmad Sauki menyampaikan, atas bantuan semua pihak pada tanggal 27 Februari kemarin, vaksin astra zaneca telah habis terpakai. 

Baca juga: Kasus Covid-19 Terus Menurun, Wali Kota Banjarmasin : Vaksinasi Terus Digeber

"Dalam pelaksanaannya, kami membuat grup koordinasi melalui jejaring sosial yang dipimpin oleh Bupati Balangan, Dandim dan Kapolres. Termasuk Forkopimcam, pimpinan Puskesmas, tim Satgas Covid 19 kecamatan dan desa, serta aparat desa," ucap Sauki. 

Ke depan, pihaknya terus menggencarkan kegiatan vaksinasi yang menyasar masyarakat. Sementara saat ini, stok vaksin yang tersedia yakni jenis sinovac sebanyak 13.540 dosis. Sedangkan untuk vaksin astra zaneca yang berhasil dihabiskan sebanyak 4.180 dosis. (Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti) 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved