Berita Tapin

Kapolres AKBP Ernesto Seisar Sebut Jalan Rusak dan Kurangnya Penerangan Picu Kecelakaan di Tapin

Kapolres Tapin, AKBP Ernesto Saiser menyebut jalan rusak dan kurangnya penerangan jalan umum menjadi penyebab tingginya kecelakaan di Tapin

Penulis: Stanislaus Sene | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/stanislaus Sene
Jalan rusak di Pulau Pinang Indah, Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Rusaknya infrastruktur jalan dan kurangnya penerangan penerangan jalan menjadi Salah Satu penyebab sering terjadinya kecelakaan di Tapin,  Rabu, (02/03/2022).

Hal ini diungkapkan Kapolres Tapin, AKBP Ernesto Saiser saat ditemui Banjarmasinpost.co.id di ruangan kerjanya.

AKBP Ernesto mengatakan  penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Tapin dipicu antara lain masyarakat tidak menggunakan helm, tidak mematuhi rambu lalu lintas, kemudian kurangnya penerangan jalan dan jalan rusak di beberapa titik jalan utama.

"Memang sejak pemberlakukan PPKM kecelakaan baik roda dua dan roda empat cendrung menurun karena mobilisasi masyarakat terbatas," jelasnya.

Ernesto mengapreseasi kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas sudah cukup tinggi di Kabupaten Tapin hanya memang pelaku perjalanan yang melintas di Jalan Nasional yang sering alami kecelakaan.

Baca juga: Kronologis Kecelakaan di Tikungan Mataraman Kabupaten Banjar Kalsel

Baca juga: Minibus Ringsek Kecelakaan di Mataraman Kalsel, Penumpang Dievakusi ke Rumah Sakit

"Ada beberapa titik jalan nasional yang memang rusak dan kurangnya penerangan, misalnya bundaran Baypass, sungai pinang dan beberapa titik lainnya," lanjutnya.

Ia mengatakan di Kabupaten Tapin sendiri juga masih ada beberapa masyarakat khususnya para kaum milenial yang kurang tertib berlalu lintas. Seperti tidak menggunakan helm, tidak mematuhi rambu lalu lintas dan balapan liar di jalanan umum. 

"Rata - rata terjadinya kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Tapin hingga meninggal dunia disebabkan tidak menggunakan helm," Ungkapnya. 

Baca juga: Ibu dan Bayi Tewas Kecelakaan Dekat SPBU Cempaka Kalsel, Diduga Ditabrak Lari Truk

Pria Sapaan El Saiser ini mengatakan bahwa masyarakat yang kurang berhati - hati apalagi saat hujan bisa mengakibatkan terperosok ke lubang yang berada di tengah - tengah jalan karena tertutup genangan air. 

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Tapin, AKP Risda Idfira melalui KBO Lantas Polres Tapin, Ipda Ariza menghimbau kepada pengguna jalan agar dapat berhati - hati saat berkendara dan dapat terus mentaati peraturan lalu lintas. (Banjarmasinpost.co.id/Stanislaus sene)
 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved