Berita Banjarmasin

Dinas Pariwisata Kota Banjarmasin Batal Membuka Pasar Terapung

Kota Banjarmasin Status PPKM Level 3 membuat Disbudporapar batal buka tempat wisata Pasar Terapung Siring Tendean untuk cegah lonjakan kasus Covid-19.

Penulis: Muhammad Rahmadi | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/MUHAMMAD RAHMADI
Suasana saat uji coba pekan ke-4 Pasar Terapung Siring Piere Tendean, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu (12/12/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Hingga Maret 2022, dermaga Pasar Terapung di Siring Piere Tendean, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), masih belum dibuka.

Tempat wisata tersebut ditutup, pascauji coba oleh Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kota Banjarmasin, pada akhir 2021.

Semula Pasar Terapung Siring Tendean Banjarmasin akan kembali dibuka pada Februari atau Maret, setelah anggaran 2022 bisa direalisasikan.

Namun rupanya terjadi perubahan. Sebab, saat ini Kota Banjarmasin berstatus PPKM Level 3.

Baca juga: Pasar Terapung di Piere Tendean Ditutup, Begini Kisah Pedagang Berjuang Buka Lapak di Sungailulut

Baca juga: Sambangi Kampung Hijau Banjarmasin, Anggota DPR RI Hj Aida Muslimah Serap Aspirasi Masyarakat

"Sampai saat ini belum ada arahan dari pimpinan terkait memulai lagi operasional pasar terapung, ini juga berkaitan dengan kondisi Kota Banjarmasin yang masih di PPKM level 3. Jadi intinya lebih kepada kekhawatiran resiko penularan Covid-19," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kawasan Wisata Disbudporapar Banjarmasin, Naziza, Minggu (6/3/2022).

Untuk itu, dirinya meminta masyarakat maupun pedagang Pasar Terapung agar bisa bersabar.

"Kalau status PPKM turun, segera kami laporkan dan komunikasikan ke pimpinan, bagaimana nanti langkah selanjutnya," janji dia.

Ke depan, ujar Naziza, Pasar Terapung Siring Tendean Banjarmasin didibuka secara terbatas. Mengingat , masih pandemi Covid-19.

Baca juga: Lanjutkan Operasi Pasar, Pemerintah Terus Dorong Ketersediaan dan Stabilitas Harga Pangan

Baca juga: Tim Pemberantasan Mafia Tanah Kejati Kalsel : 2 Kasus Segera Naik Penyelidikan 

Pengunjung akan diminta untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi ketika masuk kawasan Pasar Terapung Siring Tendean Banjarmasin.

Selain itu, kawasan Pasar Terapung Siring Tendean Banjarmasin nantinya dibatasi dengan pagar untuk membatasi jumlah pengunjung.

"Insha Allah kurang lebih seperti saat simulasi, dengan sedikit penyesuaian lagi nanti. Tapi yang pasti harapannya, tetap taat prokes dan nyaman buat wisatawan dan pedagang Pasar Terapung," pungkas Naziza.

( Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Rahmadi)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved