Kriminalitas Balangan

Bandar dan Pengedar Narkoba Dibekuk Satresnarkoba Polres Balangan Kalsel

Bandar dan pengedar narkoba ditangkap anggota Satresnarkoba Polres Balangan di wilayah Kecamatan Juai dan Kecamatan Halong, Provinsi Kalsel.

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/ISTI ROHAYANTI
Kepala Polres Balangan, AKBP Zaenal Arifin, memperlihatkan barang bukti yang diamankan dari terduga pelaku penyalahgunaan narkotika, Senin (7/3/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Dua tersangka kasus narkoba diamankan jajaran Satresnarkoba Polres Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Hal itu disampaikan Kapolres Balangan, AKBP Zaenal Arifin dalam konferensi pers di Mako Polres Balangan, Senin (7/3/2022).

Kedua tersangka tersebut, yakni AW (45), warga Paringin dan KA (28) warga Juai, sama-sama dari wilayah Kabupaten Balangan, Provinsi Kalsel.

Mereka merupakan pengedar dan bandar sabu di wilayah Kecamatan Juai. Keduanya juga diamankan pada waktu yang berbeda. 

Diketahui, KA ditangkap pasca AW dibekuk oleh jajaran Sat Resnarkoba Polres Balangan. Dimana, dari penangkapan AW, KA berperan sebagai pemasok narkoba jenis sabu.

Baca juga: Penjaringan vaksinasi di Balangan, Puluhan ASN Kedapatan Belum Disuntik Booster

Baca juga: Madrasah di Kandanganlama Tala Kalsel Tergenang Banjir Setinggi Lutut, Siswa Pun Dipulangkan  

DIsampaikan AKBP Zaenal Arifin, penangkapan terhadap kedua tersangka berdasarkan laporan masyarakat yang kemudian ditindaklanjuti. 

Pada penangkapan AW, Satresnarkoba Polres Balangan mengamankan sejumlah barang bukti berupa 11 paket serbuk kristal dibungkus plastik klip warna bening dengan berat kotor 2,55 gram dan berat bersih 0,57 gram. 

Barang bukti lainnya, yakni tiga lembar plastik klip warna bening, tiga bungkus piastik klip wama bening, satu buah pring kaca ukuran kecil warna bening dan satu kotak minuman serbuk energi. 

Ada pula dua  buah sendok sabu yang terbuat dari sedotan dan dua unit handphone serta uang senilai Rp 150.000.

Sementara itu, pada penangkapan KA yang disebut sebagai bandar narkoba pada wilayah Juai dan Halong, Satresnakoba Polres Balangan mengamankan 8 paket serbuk kristal dibungkus plastik klip warna bening diduga narkotika jenis sabu. Berat kotornya 37,72 gram dan berat bersih 36,28 gram.

Baca juga: Akses Matang Hanau Kabupaten Balangan Kalsel Dibangun TNI

Baca juga: Penyebab Tambahan Penghasilan ASN Pemerintah Kota Banjarmasin Belum Cair

Kemudian diamankan pula satu  timbangan digital warna hitam ukuran sedang dan satu timbangan digital wara hitam sliver ukuran kecil. Selain itu ada satu unit smartphone dan satu handphone merk Nokia. 

Barang bukti lainnya. yakni tiga bungkus plastik klip, dua sendok sabu terbuat dari sedotan dan satu dompet hitam serta satu lembar kartu ATM, tas tangan warna hitam, kertas tisu, dan masker. 

KA juga mengakui bahwa dirinya sudah berjualan sabu selama kurang lebih 10 bulan.

"Tentunya kami akan tindak tegas, tidak ada ruang bagi para pelaku pengedar maupun yang terlibat dalam transaksi barang haram di wilayah Kabupaten Balangan," ucap AKBP Zaenal Arifin.

Saat ini Polres Balangan telah melakukan upaya-upaya pencegahan terhadap penyalahgunaan narkotika dengan melakukan kegiatan sosialisasi dan edukasi kepada kalangan pelajar dan remaja tentang bahaya narkoba.

Baca juga: VIDEO Penanganan Jalan Ambles di Balangan Dimulai, Pengisian Rongga Perkuatan Konstruksi Dilakukan

Baca juga: Insentif Guru Honorer di Banjarmasin Belum Cair, BPKAD Tunggu Usulan Disdik

"Narkotika merupakan musuh bersama. Tetaplah dengan semangat yang sama untuk menyelamatkan generasi muda," ungkap Kapolres. 

Terlebih, lanjutnya, pemberantasan tindak pidana narkotika akan berhasil apabila menjadi gerakan  bersama.

(Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved