Sport

Kejuaraan Pickleball Rektor ULM Cup 2022 Se-Kalsel di Kampus JPOK Kota Banjarbaru

Kejuaran Pickleball Rektor Cup 2022 di Gedung Spot Center JPOK FKIP ULM di Jalan Taruna Praja Raya, Kota Banjarbaru, Kalsel, Sabtu (12/03/2022).

Penulis: Siti Bulkis | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/SITI BULKIS
Kejuaraan Pickleball Rektor Cup 2022 se Provinsi Kalimantan Selatan di Gedung Spot Center JPOK FKIP Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Kota Banjarbaru, Sabtu (12/3/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Ketua Pengprov Pickleball Kalimantan Selatan (Kalsel), Prof Dr H Sutarto Hadi, menggelar Kejuaran Pickleball Rektor Cup 2022, Sabtu (12/3/2022). 

Tempatnya di Gedung Spot Center JPOK FKIP Universitas Lambung Mangkurat (ULM) di Jalan Taruna Praja Raya, Kelurahan Loktabat Utara, Kecamatan Banjarbaru Utara, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalsel. 

Kejuaraan Pickleball Rektor Cup berlangsung hari ini knock out phase, kemudian dilanjutkan semifinal dan final. 

Pengurus Pickleball Provinsi Kalsel Bidang Perwasitan dan Pertandingan, Ma'ruful Kahri, mengatakan, kegiatan hari ini sifatnya latihan bertanding. 

Untuk kategori eksekutif, pertandingannya jenis eksebisi. Sifatnya memperkenalkan pickleball yang diikuti para pejebat, diantaranya Bupati Tanah Laut Drs H Sukamta, Sutarto Hadi, Bupati Banjar dan lainnya.

Baca juga: VIDEO Pickleball Diperkenalkan di Tanahlaut Kalsel, Warga Antusias dan Harapkan Hal ini

Total keseluruhan peserta yang mengikuti kejuaraan picklebal ada 68 orang. Sistem penilaian dalam kejuaraan ini menggunakan game kemenangan dua. 

"Satu kali gamenya poinnya 11. Apabila dimenangkan dua kali, maka melaju ke babak berikut," ujar Ma'ruful Kahri. 

Namun cabang olahraga ini belum masuk dalam Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kalsel. Sebab, salah satu syarat adalah harus memiliki pengurus cabang (Pengcab) minimal tujuh. 

"Saat ini baru ada lima, yaitu Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Kabupaten Tanah Laut yang di pelopori Tomy Firdaus," tuturnya. 

Dikarenakan belum ikut di KONI Kalsel, maka cabang olahraga pickleball belum dapat ikut di Porprov.

Baca juga: LIVE Streaming TV Online Brighton vs Liverpool Liga Inggris Jam 19.30 WIB, Tak Siaran Langsung SCTV

Baca juga: Kans Persebaya Juara Liga 1 Diungkap Aji Santoso Jelang Kontra Barito Putera & Persib Bandung

Ditambahkan Ketua Bidang Organisasi Pickleball Kalsel, Dr Chairil Faif Pasani, olahraga ini mudah dan menyenangkan dimainkan. Sudah ada sejak 1963 dan masuk Indonesia pada 2019.

"Olahraga ini sangat cocok dan dianjurkan untuk kalangan yang sudah berumur untuk mengatasi kebugaran yang mulai turun. Misal, dulu atlet ping pong. Ping pong itu cepat sekali mainnya. Aabila sudah tua, tentu responnya berkurang, maka bisa dialihkan ke pickleball," jelasnya. 

Pickleball ini gabungan dari tiga cabang olah raga, yaitu tenis meja, bulu tangkis dan tenis lapangan. Dimainkannya, bisa di lapangan bulu tangkis. 

Dikarenakan olahraga ini belum masuk di KONI Provinsi, biasanya pegiat pickleball menyebut sebagai olahraga rekreasi yang kelak akan menjadi cabang olahraga prestasi. 

Provinsi Kalsel sudah pernah menggelar kejuaraan pickleball pada 2021. Bahkan ada yang dari Kalimantan Timur.

Suasana Kejuaraan Pickleball Rektor Cup 2022 se Provinsi Kalimantan Selatan di Gedung Spot Center JPOK FKIP Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Sabtu (12/3/2022).
Suasana Kejuaraan Pickleball Rektor Cup 2022 se Provinsi Kalimantan Selatan di Gedung Spot Center JPOK FKIP Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Kota Banjarbaru, Sabtu (12/3/2022). (BANJARMASINPOST.CO.ID/SITI BULKIS)

Ditambahkan Binpres Pickleball Kabupaten Tanah Laut, Tomy Firdaus, di daerahnya kepengurusan pickleball terbentuk pada Februari 2022. 

Dan pada Kejuaraan Picklebal Rektor Cup se-Kalsel, Kabupaten Tanah Laut mengirimkan enam pasangan.

(Banjarmasinpost.co.id/Siti Bulkis)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved