PT PLN Persero UIW KSKT

Perkuat Sinergitas Bangun Kelistrikan, Bupati Lamandau Kunjungi PLN

Bupati Lamandau, Hendra Lesmana, temui GM PLN UIW Kalselteng Tonny Bellamy membahas kelistrikan untuk masyarakat Kabupaten Lamandau di Kalteng.

PT PLN PERSERO UIW KSKT
Bupati Lamandau, Hendra Lesmana (kiri), temui GM PLN UIW Kalselteng Tonny Bellamy membahas kelistrikan untuk masyarakat Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Bupati Lamandau, Hendra Lesmana, melakukan kunjungan kerja ke PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UIW Kalselteng), Jumat (11/3/2022) siang.

Bertempat di Kantor Induk PLN UIW Kalselteng, Banjarbaru, kunjungan kerja tersebut disambut hangat oleh GM PLN UIW Kalselteng Tonny Bellamy, beserta jajaran manajemen. Pertemuan ini dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dalam sambutannya, Bupati Lamandau Hendra Lesmana mengatakan kunjungan tersebut dalam rangka memaparkan desa-desa yang belum teraliri listrik kepada PLN UIW Kalselteng.

Sebagai bahan informasi untuk prioritas penyambungan kelistrikan desa-desa di Kabupaten Lamandau, diketahui saat ini Rasio Desa Berlistrik Kabupaten Lamandau sebesar 80.9 persen sampai dengan Januari 2022.

Hendra Lesmana juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi terhadap perjuangan PLN yang selama ini terus berupaya melistriki desa-desa di Kalimantan Tengah khususnya Kabupaten Lamandau.

Pertemuan GM PLN UIW Kalselteng, Tonny Bellamy, bersama Bupati Lamandau, Hendra Lesmana.
Pertemuan GM PLN UIW Kalselteng, Tonny Bellamy, bersama Bupati Lamandau, Hendra Lesmana. (PT PLN PERSERO UIW KSKT)

“Sedikit cerita yang masyarakat kami alami dan rasakan setelah desa mereka belistrik. Biasanya mereka menikmati listrik menggunakan mesin genset setiap malamnya menghabiskan biaya Rp 150 ribu, dengan suasana mesin genset yang saling sahut-sahutan di desa tersebut. Kini setelah listrik PLN masuk desa mereka, suasana berubah menjadi hening tak ada lagi suara berisik genset, tentu ini nikmat yang harus disyukuri. Terima kasih PLN,” ungkap Hendra.

Dirinya menambahkan, Pemkab Lamandau siap untuk bersinergi dalam upaya melistriki desa-desa yang saat ini masih menanti terangnya aliran listrik PLN.

“Kami siap untuk mendukung percepatan pembangunan listrik desa di Kabupaten Lamandau seperti halnya yang sedang kita kerjakan saat ini adalah dengan membangun infrastruktur jalan yang tentunya akan memudahkan akses mobilisasi material untuk pembangunan jaringan PLN, ” tambah Hendra.

General Manager PLN UIW Kalselteng Tonny Bellamy, mengucapkan terima kasih serta merupakan suatu kehormatan dapat menerima kunjungan kerja ini, lebih lanjut dirinya menjelaskan mengenai Sistem Kelistrikan di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

"Sistem kelistrikan Kalsel dan Kalteng sudah interkoneksi dengan sistem Kaltim (Sistem Barito - Mahakam) yang menjadikannya lebih andal, serta terbagi juga dalam 4 subsistem (isolated). Tercatat daya mampu sistem interkoneksi 1.679 MegaWatt (MW), dengan beban puncak 1.233 MW, sehingga reserve margin (surplus) sekitar 455 MW," ungkap Tonny.

Tonny juga menambahkan bahwa saat ini di tahun 2022 PLN UIW Kalselteng tengah membangun jaringan untuk listrik di desa-desa yang berada di kabupaten Lamandau.

"Sesuai komitmen kami, bahwa PLN UIW Kalseteng terus beusaha menyediakan listrik sampai ke pelosok negri, seperti halnya pembangunan listrik di Desa Nanga Belantikan, Sungai Buluh, Tangga Batu, Bayat dan Batu Tambun yang dikejar rampung pada tahun 2022 ini," imbuh Tonny.

Tonny juga berharap sinergi antara PLN dan Pemerintah Kabupaten Lamandau agar senantiasa terjalin dengan baik untuk pembangunan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat Lamandau. Khususnya,  mengenai hadirnya listrik sampai ke pelosok negeri.

"PLN sangat terbantu dalam hal mobilisasi dan penyelesaian kendala yang biasa terjadi di lapangan dalam upaya pembangunan jaringan listrik, karena Pemerintah Kabupaten Lamandau senantiasa bersinergi dan berkolaborasi dengan PLN, dalam upaya kelancaran pembangunan jaringan listrik," pungkas Tonny. (aol/*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved