Ekonomi dan Bisnis

Harga Gula Pasir Meningkat Drastis di Kalimantan Selatan, Beras Ikutan Naik

DI Pasar Bauntung Banjarbaru, Kalsel, bawang putih honan Rp 29.200 per kg, cabai tiung Rp 79.400, Beras siam Rp 425 ribu per karung, unus Rp 520 ribu

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/NURHOLIS HUDA
Penjual beras di Pasar Bauntung, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (15/3/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sejumlah komoditi mendekati Ramadan naik harga di pasaran di wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel).

Mulai bawang putih honan yang naik Rp 600 sehingga kini menjadi Rp 29.200 per kilogram dan cabai tiung segar naik Rp 2.800 sehingga menjadi Rp 79.400 per kilogram.

Sedangkan harga ayam ras naik Rp 100 sehingga menjadi Rp 38.400, ikan asin telang naik Rp 5.500 menjadi Rp 97.700 per kilogram dan haruan naik Rp 600 menjadi Rp 66.100.

Untuk gula pasir naik Rp 400 sehingga menjadi Rp 14.500 per kilogram.

Baca juga: Keliling Cari Minyak Goreng Sejak Pagi, Emak-emak di Samarinda Kaltim Meninggal Kelelahan

Baca juga: Jajaran Satreskrim Polres Tanah Bumbu Temukan Gudang Minyak Goreng Curah 4 Ton Tanpa Izin

Sementara itu, harga beras, menurut penjualnya di Pasar Bauntung Banjarbaru, Lia, jenis siam dan unus naik antara Rp 20 ribu hingga Rp 30 ribu per karung.

"Beras jenis siam per karung kemarin beli Rp 425 ribu. Biasanya Rp 400 ribu per karung. Selain itu juga ada beras unus biasanya Rp 490.000 kini sudah Rp 520 ribu per karung," jelasnya sembari menjelaskan kalau stok melimpah saja. 

Kepala Dinas Perdagangan Kalsel, Birhasani, menjelaskan, terkait komoditas yang naik karena pengaruh ekonomi global dunia semisal gas dan BBM non subsidi. 

"Untuk gula pasir, kami mengandalkan bahan baku impor karena belum musim tebu. Maka, naik harga. Di luar negeri sedang inflasi yang tinggi dan ini pengaruh ke Kalsel. Paling signifikan adalah gula pasir yang naik sampai Rp 1.000 hingga Rp 1.500 per kilogram," rincinya.

Baca juga: Bongkar Penampungan CPO Ilegal di Tanbu Kalsel, Polisi Juga Gagalkan Pengiriman 6 Kontainer CPO

Baca juga: Jadi Tersangka, Begini Ancaman Hukuman Penimbun Minyak Goreng di Gubernur Soebarjo Banjarmasin

Baca juga: Temukan Praktik Bundling Minyak Goreng di Banjarmasin, Disperdagin Lapor ke Provinsi

Masih dijelaskan Birhasani juga ada komoditas yang naik, yakni bawang karena bawang diprediksi pada April nanti paceklik di daerah produksinya. 

Harga ayam dan telur juga ikutan naik karena harga pakan yang naik dan biaya transportasi naik, imbas dari BBM solar non subsidi yang naik.

(Banjarmasinpost/Nurholis Huda)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved