Nama Jamu unik di Banjarmasin

Ramai Dicari Saat Pandemi Covid-19, Rebusan Daun Sungkai Tingkatkan Imunitas Tubuh

Banyak yang percaya bahwa meminum rebusan air Sungkai ini memmbantu daya tahan tubuh. Saat Pendemi Covid-19, daun sungkai banyak yang cari

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/nurholis huda
Ramuan daun sungkai tingkatkan imunitas tubuh. 

BANJARMASINBPOST, BANJARBARU-Penjual ramuan tradisional dikala Pandemi untuk menjaga Imunitas tubuh agar tidak kendor bermunculan. 
Satu di antaranya, adalah penjualan rebusan daun Sungkai atau bahasa lainnya adalah Peronema canescens. 

Arbani (19), pemuda asal Transad Palam, Banjarbaru diantaranya yang menjual ramuan daun sungkai.

Pemuda yang akrab disapa Bani itu, mengaku menjual rebusan air Sungkai tersebut dilatarbelakangi keinginan sang ayah yang punya resep turun menurun di keluarganya yang rajin menggunakan rebusan air Sungai ini di kehidupan keseharaianya. 

"Selain tujuan untuk mencari nafkah (uang), saya jualan rebusan daun Sungkai ini juga ingin membantu warga yang sakit  karena kondisi cuaca yang tak tentu ini," sebut Bani. 

Bani berujar, sudah banyak yang percaya bahwa meminum rebusan air Sungkai ini memmbantu daya tahan tubuh dan bisa menyembuhkan beberapa penyakit. 

Baca juga: Namanya Samilakor, Jamu Ini Perpaduan Tanaman obat yang Disebut di Dalam Allquran dan Sunah Rasul

Baca juga: jajal Ramuan Jamu Balas dendam, Satu Jam Berlalu Pria Banjarmasin Rasakan Reaksi Ini

"Menurunkan demam, flu, batuk, sakit kepala. Selain itu juga bisa obat buat panas dalam, sariawan serta penambah nafsu makan," kata Bani. 

Anak terakhir dari dua bersaudara, itu yakin setelah banyak testimoni yang mengaku memang sembuh penyakitnya dan demamnya turun setelah minum rebusan daun ini. 

"Bahkan ada yang pembeli kemarin datang, besoknya datang lagi beli lagi," kata pemuda yang lulusan Madrasah itu. 

Dia menjual rebusan air Sungkai tersebut, per botol ukuran 500 mililiter itu Rp 20 ribu. Sehari, diakuinya air bisa laku 20 botol.

"Kalau rame, maka yang beli bisa sampai 20 botol. Karena laris rencana kami akan buka cabang di dekat Masjid Agung Al Munawwarah Banjarbaru," sebutnya. 

Diceritakannya, bahan dasar daun Sungkai itu ia cari di kawasan gunung mawar Kiram. 

Baca juga: Namanya Unik, Jamu Kuat Pria di Banjarmasin Ini Diracik dari Daun dan Akar yang Dibuat Turun Temurun

"Agak sulit sih mencarinya. Tapi biasanya di daerah pegunungan banyak. Jika habis kami ke gunung mencari daun ini," sebutnya. 

Ditanya apakah ini bisa untuk Covid-l9? Dirinya tidak memastikan, sebab dirinya berjualan ramuan ini hanya untuk keperluan peningkatan Imunitas seseorang dan pengobatan tradional saja. (BanjarmasinPost /Nurholis Huda) 
 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved