Lifestyle

Tampil di Indonesia Fashion Week (IFW) 2022, Desainer Banua Ini Angkat Motif Naga

Cathrine merupakan satu-satunya desainer yang mewakili Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Kalsel di ajang IFW 2022

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Hari Widodo
instagram @cathrine.official
Salah seorang desainer Banua, Hj Cathrine Ambarsari (kanan) bersama seorang model yang mengenakan busananya di ajang IFW 2022. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sempat tak digelar pada tahun lalu karena pandemi Covid-19, ajang Indonesia Fashion Week (IFW) 2022 kembali digelar.

Pembukaan ajang fashion bergengsi di Tanah Air ini resmi digelar sejak Rabu (13/4/2022) di Jakarta Convention Center.

Setidaknya ada 40 desainer dari berbagai penjuru Indonesia yang mengikuti ajang yang mengangkat tema Magnificent Borneo ini.

Menariknya salah satu desainer yang ada di Banua yakni Hj Cathrine Ambarsari turut ambil bagian dalam ajang ini.

Baca juga: Lomba Fashion Show Anak se Kabupaten Tapin Ramaikan Gebyar Ramadan

Baca juga: Pengusaha Fashion di Banjarmasin Kewalahan Tangani Order, Lembur Sampai Subuh

Baca juga: Grand Opening VZ Store, Perkembangan Fashion di Banjarbaru Maju Pesat

Dan Cathrine merupakan satu-satunya desainer yang mewakili Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Kalsel di ajang IFW 2022.

Setidaknya Cathrine membawa sekitar empat gaun pesta, namun dengan sentuhan kain sasirangan yang menjadi khas masyarakat Banjar.

Dari empat gaun yang dibawanya di ajang ini, tiga di antaranya untuk dipajang kemudian satu lagi ditampilkan pada fashion show saat pembukaan.

Kepada banjarmasinpost.co.id, Cathrine pun mengaku senang sekaligus bangga bisa kembali ambil bagian dalam ajang IFW 2022 ini.

"Alhamdulillah senang dan bangga pastinya. Apalagi ini temanya tentang Borneo, sehingga bisa menampilkan khas Banjar juga di ajang ini," kata perempuan yang kerap mendesainkan busana para pejabat di Kalsel ini, Kamis (14/4/2022).

Cathrine pun menyampaikan dirinya bisa kembali ambil bagian dalam ajang ini, tidak lain karena adanya support dari berbagai pihak.

"Terima kasih atas dukungan dari Pemprov Kalsel, terutama untuk Ibu Gubernur dan Ibu Wakil Gubernur Kalsel, kemudian juga Ibu Wali Kota dan Ibu Wakil Wali Kota Banjarmasin yang sidah benar-benar mensupport," jelasnya.

Disinggung mengenai konsep yang ingin ditampilkannya dalam karyanya, Cathrine pun menerangkan menonjolkan motif Naga Banjar.

Baca juga: Kerajinan Purun Banjarbaru Tampil di Gekraf Paris Fashion Show 2022

Naga sendiri di masyarakat Kalimantan adalah dikenal sebagai binatang mitologi yang selalu hidup dalam imajinasi, terutama masyarakat yang akrab dengan sungai, rawa dan danau.

Kemudian di sisi lain, naga juga bisa melambangkan sosok yang memiliki pesona, keperkasaan, pelindung, gaib dan sakti.(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved