Kampusiana

Mahasiswa KKN STAI Rakha Amuntai HSU Beri Pelatihan Pembuatan Telur Asin di Desa Kelumpang Luar

Mahasiswa KKN STAI Rakha Amuntai angkatan XXIII tahun 2022 dari Posko 14 melaksanakan pelatihan pembuatan telur asin untuk warga Desa Kelumpang Luar

Penulis: Syaiful Anwar | Editor: Eka Dinayanti
Nur Ifadloh untuk Banjarmasin Post
Mahasiswa KKN Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Rasyidiyah Khalidiyah (Rakha) Amuntai memberikan pelatihan pembuatan telur asin ke warga. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Rasyidiyah Khalidiyah (Rakha) Amuntai angkatan XXIII tahun 2022 dari Posko 14 melaksanakan pelatihan pembuatan telur asin untuk warga Desa Kelumpang Luar Kecamatan Babirik, Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Nur Ifadloh, MPd, dosen pembimbing lapangan, menjelaskan program ini merupakan kolaborasi tindak lanjut koordinasi Tim Mahasiswa KKN Posko 14 STAI Rakha Amuntai dengan Pemerintah Desa Kelumpang Luar.

“Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya peningkatan peluang usaha dan perbaikan ekonomi masyarakat desa pascapandemi Covid-19.” paparnya, Jumat (15/4/2022).

Kegiatan pelatihan pembuatan telur asin ini diikuti 25 warga desa bertempat di aula Kantor Desa Kelumpang Luar, Kecamatan Babirik, Kabupaten HSU.

Baca juga: Mahasiswa KKN STAI Rakha Amuntai Latih Pembuatan Kerupuk Amplang ke Warga Desa Sungai Luang Hulu

Baca juga: Mahasiswa KKN STAI Darul Ulum Kandangan Bantu Warga di Loksado Bangun WC Umum

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Kepala Desa Kelumpang Luar, Darmansyah.

“Saya mewakili masyarakat Desa Kelumpang Luar ingin mengucapkan terima kasih kepada anak-anak KKN STAI Rakha Amuntai Posko 14 yang telah menginisiasi terselenggaranya pelatihan pembuatan telur asin di desa kami ini. Kami dari pihak pemerintah desa tentu sangat mendukung acara yang bersifat positif seperti ini apalagi tujuannya untuk perbaikan ekonomi masyarakat Kelumpang Luar pasca pandemi ini,” jelasnya.

Muhammad Rizki, Ketua Posko 14 KKN STAI Rakha Amuntai menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan dalam dua tahap.

"Tahap pertama yaitu pengasinan telur, pada Kamis, 14 April 2022. Tahap kedua yaitu tahap finishing yang dilaksanakan nanti pada hari Kamis, 21 April 2022. Tahap finishing nanti akan menjelaskan bagaimana proses finalisasi pembuatan telur asin hingga layak jual. Alhamdulillah, tadi acaranya berjalan dengan sangat lancar tanpa ada hambatan sedikitpun.” jelasnya.

Rizaldi, salah satu anggota Posko 14, mengatakan KKN di angkatan mereka ini memiliki fokus untuk perbaikan ekonomi masyarakat desa pascapandemi covid 19, sehingga dirinya dan teman-teman dari posko mereka berinisiatif untuk mengadakan sebuah pelatihan.

Baca juga: Pelangsir Solar Diciduk di Benua Anyar Banjarmasin, Polisi Amankan Jerigen hingga Mobil

Baca juga: Penyebab Kebakaran di Desa Tatakan Tapin Masih dalam Penyelidikan, Kerugian Capai Ratusan Juta

"Tujuannya untuk meningkatkan keterampilan masyarakat Desa Kalumpang Luar dan memperluas peluang usaha sehingga dapat meningkatkan ekonomi baik pribadi, keluarga atau kelompok di Desa Kelumpang Luar ini," ucap Rizaldi.

Mahasiswa KKN STAI Rakha Amuntai Posko 14 merasa bersyukur melihat dukungan dari pemerintah desa dan antusiasme warga Desa Kelumpang Luar dalam mengikuti pelatihan ini.

“Alhamdulillah, seluruh rangkaian acara di tahap pertama ini berjalan dengan sangat lancar dan ibu-ibunya sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Semoga bisa sedikit memberikan ilmu yang bermanfaat bagi masyarakat disini,” ujar Maulida, salah satu mahasiswa KKN STAI Rakha Amuntai dari posko 14.

(banjarmasin post.co.id/syaiful anwar)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved