Kriminalitas Banjarmasin

Pelansir Solar Diciduk di Benua Anyar Banjarmasin, Polisi Amankan Jeriken hingga Mobil

IJ (43) warga Jalan Rakha Desa Pangkalan Kecamatan Amuntai Utara diduga melangsir solar di SPBU di Jalan Pangeran Hidayatullah, Banua Anyar

Penulis: Noor Masrida | Editor: Eka Dinayanti
Polsek Banjarmasin Timur
IJ (43) pelangsir BBM diciduk unit reskrim Polsek Banjarmasin Timur di kawasan SPBU Jalan Pangeran Hidayatullah, Kelurahan Banua Anyar, Rabu (13/4/2022) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - IJ (43) warga Jalan Rakha Desa Pangkalan Kecamatan Amuntai Utara Kabupaten Hulu Sungai Utara tak berkutik lagi.

Aksinya yang diduga melangsir solar di SPBU di Jalan Pangeran Hidayatullah, Kelurahan Banua Anyar, Banjarmasin terendus polisi pada Rabu (13/4/2022) lalu.

Hal ini diungkapkan Kapolsek Banjarmasin Timur, Kompol Pujie Pirmansyah, Jumat (15/4/2022) kepada media.

Kata Kapolsek, penangkapan IJ bermula dari informasi masyarakat yang mengatakan di sebuah SPBU sekitar lokasi penangkapan tersebut sering terjadi praktik pelangsiran solar.

Baca juga: Tiga Vonis Kebiri Kimia di Banjarmasin Menunggu Eksekusi, Kejari Banjarmasin Koordinasi Dengan Nakes

Baca juga: Identitas Mr X di Pelabuhan Bawang Banjarmasin Terungkap, Polisi Sebut Warga Teluk Dalam

Mendapati informasi tersebut, anggota yang dipimpin Kanit Reskrim, AKP H Timur Yono langsung bergerak melakukan penyelidikan dan akhirnya berhasil menangkap pelaku.

"Saat IJ kami amankan, ada sejumlah jerigen yang berisikan solar di dalam mobil Mitsubishi Kuda warna silver mutiara dengan Nopol KH 1941 AK yang dia gunakan," beber Kompol Pujie.

Total ada 10 jerigen, 6 jerigen kosong, 3 jerigen masing-masing berisi 30 liter Bio Solar dan 1 jerigen berisi 20 liter Dexlaite.

Cara yang dilakukan IJ dalam beraksi pun terbilang cukup mahir.

Hal ini lantaran pria tersebut menggunakan 'alat profesional' untuk memuluskan aksinya tersebut.

Setelah mengisi solar dari SPBU, pelaku akan memompa solar tersebut melalui dinamo yang dihubungkan dengan selang dari tanki mobil menuju jerigen yang diletakkan di dalam mobil.

"Jadi sudah canggih. Pelaku akan memompa solar dari tangki dengan menggunakan dinamo melalui selang yang dihubungkan ke jerigen. Jika jerigen yang satu sudah penuh, pelaku tinggal menggeser selang ke jerigen lain," jelasnya.

Baca juga: Vaksinasi Booster di Kabupaten Tanahlaut Masih Melaju, Capaian Harian Lansia Melandai

IJ biasa membeli solar dari kawasan SPBU yang berada di kawasan Jalan Lingkar Dalam Kecamatan Banjarmasin Selatan.

"Kalau yang di SPBU Pangeran Hidayatullah Banua Anyar menurut pengakuan pelaku baru satu kali ini saja," lanjut Kapolsek.

Pelaku biasanya membeli solar di SPBU dengan harga Rp 5.150 perliter dan dijual kembali kepada para sopir truk dan pengecer dengan harga Rp 7.500 perliter.

IJ digiring ke Mapolsek Banjarmasin Timur dengan sejumlah barang bukti seperti 1 unit mobil, 10 jerigen yang diantaranya berisi BBM, 1 buah selang, 1 buah sakelar, dan 1 buah dinamo.

Atas perbuatannya pelaku akan dijerat pasal 53 huruf (b) Undang-Undang RI Nomor 22 tahun 2001 tentang Migas.

Banjarmasinpost.co.id/Noor Masrida

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved