Kriminalitas Tanahbumbu

Tiga Pelaku Pencurian Besi di Muara Pagatan Tanbu Diringkus, Dua Dijemput di Kotabaru

Tiga pelaku pencurian besi di wilayah Muara Pagatan Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanahbumbu, diringkus unit Resmob Polres Tanahbumbu di Kotabaru

Penulis: Man Hidayat | Editor: Hari Widodo
Polres Tanahbumbu untuk BPost
Tersangka Pencurian Besi di Tanahbumbu diamankan petugas kepolisian Polres Tanbu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Tiga pelaku pencurian besi di wilayah Muara Pagatan Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanahbumbu, diringkus unit Resmob Polres Tanahbumbu di Kotabaru. 

Usai melakukan aksi pencurian, pelaku tersebut telah melarikan diri ke Kotabaru dan setelah dilacak keberadaanya, pelaku akhirnya bisa ditangkap di Perumahan Ratu Mandin Desa Semayap Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabatu pada Selasa (19/4/2022) pukul 14.30 wita. 

Ketiga pelaku adalah H Muhammad Fajeriannor (38) warga Komplek Perumahan Ratu Mandin Semayap Kotabaru, Sumarwan (48) warga Jalan Mutiara Gang Merpati Desa Batulicin dan Nasrudin (52) wargaKelurahan Batulicin. 

Kini ketiganya sudah mendekam didalam sel Mapolres Tanahbumbu untuk proses lebih lanjut dan mempertanggungjawabkan perbuatannya tersebut. 

Baca juga: Pencuri Ganti Lonceng Jam Masjid di Walangko Kabupaten HST dengan Kardus Berisi Batu

Baca juga: Pencurian di Kalsel, Diduga Embat Hp, Kakek di Desa Padang Panjang Mendekam di Polres Tabalong

Baca juga: Pencurian di Banjarmasin - Maling Mesin Pompa Air Beraksi saat Warga Sekitar Sedang Tarawih

Kapolres Tanbu AKBP Tri Hambodo SIK melalui Kasi Humasnya AKP H I Made Rasa didampingi Kasat Reskrim AKP Wahyudi, Rabu (20/4/2022) membenarkan penangkapan tiga pencurian dengan pemberatan tersebut. 

"Para pelaku ini nekat mengambil besi yang bukan miliknya, sehingga korban melaporkannya ke pihak kepolisian setelah sempat diancam oleh pelaku, " katanya. 

Setelah kejadian itu, anggota resmob akhirnya mengetahui pelakunya dan melakukan penjemputan berdasarkan surat perintah membawa saksi seorang laki-laki bernama Muhammad Fajerianoor, awalnya sebagai saksi. 

Namun setelah pemeriksaan, ternyata diduga terlibat dalam pencurian tersebut dan ditetapkan sebagai tersangka. Hasil pengembangan masih ada 2 pelaku lainnya yang juga ikut melakukan tindak pidana tersebut.

Petugas kemudian ke Desa Kersik Putih Kecamatan Batulicin, anggota Resmob Polres Tanbu berhasil melakukan pengembangan dan mengamankan dua pelaku lainnya yakilni Sumarwan dan Nasrudin pada pukul 23.30 wita. 

Dijelaskan AKP Made, untuk kronologis pencurian tersebut terjadi pada Senin 13 Desember 2021 pukul 19.00 wita di Desa Muara Pagatan

Pelaku datang ke tempat pemotongan besi bekas milik korban dengan menggunakan 1 unit mobil pick up warna Silver dan 1 unit mobil warna Hitam. Dengan 4 orang yang kemudian saat ditanya oleh mandor, Mahfudin

Para pelaku mengaku orang suruhan Jauhari untuk mengambil potongan besi bekas milik korban.

Baca juga: Pencurian di Kalsel - Bobol Toko Hp di Tabalong, Pria Kelayan Banjarmasin Diamankan Tim Gabungan

Oleh mandor telah ditegur bahwa besi tersebut ada pemiliknya namun para pelaku bersikeras untuk mengangkut potongan besi tersebut yang berjumlah berat sekitar 1 Ton ke dalam mobil pick up dan meminta kepada mandor dan saksi Yono untuk tidak mengganggu proses pengangkutan. 

Karena takut terjadi hal yang tidak diinginkan oleh mandor dan saksi Yono yang menjaga besi bekas tersebut oleh pemiliknya akhirnya dibiarkan saja mengangkut besi bekas tersebut dan membawanya keluar dari lokasi kejadian.

" Dari sanalah peristiwa itu dilaporkan ke polisi, " tandasnya. (banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved