Alfamart Gambut Runtuh

Minimarket Alfamart Km 14 Gambut Ambruk Kalsel, Intakindo Ungkap Perkiraan Penyebabnnya

Minimarket Alfamart Gambut Kalsel Ambruk menurut analisi Ketua Dewan Pakar Intakindo Kalsel, Hasan Husaini, akibat penurunan pada fondasi sebelah kiri

Penulis: Muhammad Rahmadi | Editor: Alpri Widianjono
capture video
VIDEO Kondisi Terkini Sisa Reruntuhan Toko Alfamart Km 14 Gambut, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Peristiwa ambruknya minimarket Alfamart di Jalan A Yani Km 14, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). banyak menyita perhatian publik.

Masyarakat pun bertanya-tanya apa yang menyebabkan bangunan bertingkat tiga tersebut ambruk, hingga memakan lima korban jiwa.

Ketua Dewan Pakar Intakindo Kalsel, Hasan Husaini, mengungkapkan, hasil analisa terkait penyebab ambruknya bangunan permanen Alfamart Gambut tersebut.

Menurutnya, Minimarket Alfamart Gambut Kalsel Ambruk disebabkan karena adanya penurunan pada fondasi sebelah kiri (bila dilihat dari depan bangunan).

Baca juga: Pascaruntuhnya Alfamart, Polsek Gambut Amankan Tiga Unit Gawai, Pemilik Bisa Ambil ke Mapolsek

Baca juga: Toko Alfamart Gambut Kalsel Ambruk, Saksi Sempat Lihat Bangunan Miring ke Kiri

"Kalau bahasa teknisnya itu settelment, yaitu terjadinya penurunan fondasi pada suatu bangunan," kata Hasan, Sabtu (23/4/2022).

Penurunan fondasi tersebut, lanjut Hasan, mengakibatkan terjadinya tarikan terhadap sloof atau balok yang menghubungkan kolom atau tiang-tiang.

"Karena terjadinya penurunan, mengakibatkan momen menarik dari pada tiang atau kolom-kolom itu, dan ekstrim sekali. Sehingga analisis kami bahwa terjadinya putus koneksi antara sloof dan kolom kemudian mengakibatkan lantai kehilangan pegangan, lalu akhirnya ambruk semua," terang Hasan.

Kemudian, Hasan juga mengungkapkan dugaan sementara bangunan Alfamart Gambut tersebut dibangun, kurang memenuhi standar dari spesifikasi teknis. Karena, terlepasnya ikatan antara sloof atau balok dengan kolom atau tiang.

Baca juga: Bocah Satu Tahun Diduga Tercebur ke Sungai di Kaladan Kabupaten Tapin

Baca juga: BREAKING NEWS Jelang Buka Puasa, Api Berkobar di Teluk Dalam Banjarmasin

"Karena ikatan ini lepas, otomatis dugaan sementara bahwa berarti ini kurang memenuhi standar material antara koneksi balok dan kolom tadi," ujarnya.

Lanjut Hasan juga, mengungkapkan, pihaknya tidak melihat adanya kelebihan beban pada bangunan yang menjadi dugaan penyebab ambruknya bangunan.

"Kalau karena beban, otomatis turunnya vertikal semua. Artinya, saat terjadi penurunan, tidak ada daya tarik. Sehingga secara teknis, karena adanya gaya tarik atau momen skunder ini, mengakibatkan hubungan sloof dengan kolom terputus, kemudian mengakibatkan lantai turun," terang Hasan.

(Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Rahmadi)

  • Berita Terkait :#Alfamart Gambut Runtuh
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved