Berita Banjarmasin

Antisipasi Pembobolan Rumah Kosong di Mudik Lebaran, Polda Kalsel Tingkatkan Intensitas Patroli 

Polda Kalsel meningkatkan intensitas patroli untuk mengantisipasi pembobolan rumah kosong selama mudik lebaran 1443 H

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rikwanto didampingi Anggota Forkopimda Kalsel usai memimpin Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Intan 2022 Polda Kalsel. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Dengan kebijakan pemerintah yang tidak lagi membatasi mudik seperti tahun sebelumnya, dipastikan akan banyak masyarakat termasuk di Kalsel yang akan meninggalkan rumahnya  untuk Mudik lebaran di momen Idul Fitri 1443 H ini. 

Atas kondisi ini, tak cuma pengamanan untuk mendukung kelancaran arus mudik, Polda Kalsel bersama TNI dan instansi lainnya juga akan meningkatkan intensitas pemeliharaan kamtibmas di lingkungan permukiman. 

"Kamtibmas, seperti sebelumnya saat Idul fitri kami antisipasi rumah- rumah kosong diduga ditinggalkan dengan ditingkatkan patrolinya," ujar Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rikwanto Minggu (24/4/2022).

Ia memprediksi arus mudik ke luar daerah di Kalsel akan didominasi masyarakat pekerja sektor industri pertambangan dan perkebunan sawit. 

Baca juga: Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Intan 2022, Kapolres Tapin : Ini Bentuk Kesiapan Amankan Mudik

Baca juga: Puncak Mudik di Bandara Syamsudin Noor Kalsel Diperkirakan pada 30 April dan Arus Balik 7 Mei 2022

Baca juga: Jelang Mudik Idul Fitri, Sebanyak 43 Angkutan Antar Provinsi di Kalsel Dinyatakan Tak Laik Jalan

Kapolda juga mengajak masyarakat untuk peran serta dalam pengamanan lingkungan dengan bersama-sama mengawasi dan menjaga lingkungannya masing-masing agar tak terjadi pencurian dan pembobolan rumah kosong yang ditinggal pemiliknya mudik. 

Meskipun Kapolda menyebut tak ada daerah yang secara seppesifij menjadi titik rawan, namun risiko gangguan kamtimbas di momen mudik seperti tawuran antar kampung patut diwaspadai. 

"Masalah lama saat pulang kampung bertemu lagi jadi berkelahi apalagi tawuran jangan ya. Jangan merusak momen bagus Idul Fitri dengan hal demikian," kata Irjen Rikwanto. 

Selain itu, penanganan atas risiko kejahatan lainnya seperti pencurian di tempat keramaian, peredaran gelap narkotika dan yang lainnya juga tentu akan tetap jadi perhatian Kepolisian. 

Mengiringi momen sebelum, saat dan pasca Idul Fitri, Polda Kalsel dibantu TNI dan instansi lainnya di Kalsel juga akan melaksanakan Operasi Kewilayahan bersandi Ketupat Intan 2022 Polda Kalsel. 

Baca juga: Pengaspalan Terus Digenjot, Jalan Poros Marabahan-Margasari Siap Jadi Alternatif Arus Mudik Lebaran

Operasi ini akan digelar selama 12 hari mulai Kamis (28/ April /2022) hingga Senin (9/ Mei /2022) melibatkan kurang lebih 2.000 personel gabungan. 

Kesiapan personel dan armada pendukung juga sudah dicek oleh Kapolda Kalsel dalam Apel Gelar Pasukan di Lapangan Satpas Ditlantas Polda Kalsel, Jalan A Yani kilometer 21, Landasan Ulin, Banjarbaru, Kalsel, Jumat (22/4/2022). (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody) 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved