PT PLN Persero UPDK Barito

Tingkatkan Kemandirian Ekonomi, PLN Salurkan Bantuan bagi Penyandang Disabilitas

PT PLN (Persero) menyalurkan bantuan pemberdayaan perekonomian senilai Rp 107 juta bagi penyandang disabilitas di Kota Banjarmasin.

Editor: Eka Dinayanti
PT PLN (Persero) UPDK Barito
PT PLN (Persero) menyalurkan bantuan pemberdayaan perekonomian senilai Rp 107 juta bagi penyandang disabilitas di Kota Banjarmasin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN – Melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), PT PLN (Persero) menyalurkan bantuan pemberdayaan perekonomian senilai Rp 107 juta bagi penyandang disabilitas di Kota Banjarmasin.

Bantuan berupa pemberian pelatihan pembuatan UMKM mandiri bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penyandang disabilitas untuk memperoleh pekerjaan serta meningkatkan taraf hidup dalam memenuhan kebutuhan sehari-hari.

Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum PLN UIKL Kalimantan M Eka Yuliartana mengatakan bantuan PLN Peduli bertajuk Empowering Mobility menyasar penyandang berbagai jenis disabilitas diantaranya tuna netra, daksa dan tuli.

Sambutan Senior Manager KKU PLN UIKL Kalimantan, M. Eka Yuliartana
Sambutan Senior Manager KKU PLN UIKL Kalimantan, M. Eka Yuliartana
(PT PLN (Persero) UPDK Barito)

"Dalam program PLN Peduli kali ini, kami memberikan bantuan pelatihan pembuatan UMKM Mandiri secara end-to-end dari mulai pelatihan pembuatan kue, bagaimana menyusun program sales, branding dan marketing hingga pelatihan bagaimana memperoduksi serta mengemas kue kering agar memiliki nilai jual di pasaran," kata Eka.

Kegiatan peluncuran program PLN Peduli dilaksanakan pada Senin (25/4/22) dan dihadiri Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina.

Ibnu Sina mengungkapkan saat ini di Kota Banjarmasin terdapat lebih dari 3000 orang penyandang disabilitas, 70 % diantaranya berada dalam rentang usia produktif.

Foto Bersama Walikota Banjarmasin, Manajemen PLN UIKL Kalimantan beserta dengan Penyandang Disabilitas
Foto Bersama Walikota Banjarmasin, Manajemen PLN UIKL Kalimantan beserta dengan
Penyandang Disabilitas (PT PLN (Persero) UPDK Barito)

"Selama ini penyandang disabilitas diasumsikan memiliki ketrampilan dan kapasitas yang rendah sehingga acap kali bekerja sebagai buruh dengan pendapatan yang rendah. Dengan adanya bantuan dari PLN Peduli, para penyandang disabilitas dapat memiliki keterampilan lebih bahkan menjadi roda penggerak perekonomian melalui UMKM Mandiri, sehingga menjadikan Kota Banjarmasin insklusif. Terimakasih PLN yang sangat tepat memberikan program CSR nya," ungkap Ibnu.

Dalam pemberian pelatihan, PLN menggandeng kaum millenials Kota Banjarmasin yang tergabung dalam organisasi M-Bility.

Sambutan Wali Kota Banjarmasin, H. Ibnu Sina
Sambutan Wali Kota Banjarmasin, H. Ibnu Sina (PT PLN (Persero) UPDK Barito)

M-Bility adalah sebuah organisasi yang terdiri dari pemuda-pemudi di Kota Banjarmasin yang bertujuan untuk melakukan pemberdayaan kepada penyandang disabilitas untuk meningkatkan skill usaha

Dalam menjalankan program tanggung jawab sosial dan lingkungan, PLN mencanangkan program berbasis Creating Shared Value (CSV) atau penciptaan manfaat bersama yang bertujuan memberikan dampak positif bagi perusahaan dan masyarakat demi mencapai tujuan Sustainable Development Goals (SDGs). (aol)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved