Berita Kaltim

Bubarkan Aksi Balap Lari dan Motor, Polisi di Berau Amankan Ratusan Kendaraan Bermotor

Personel Satlantas Polres Berau Polda Kaltim membubarkan aksi Balap lari yang disertai dengan Balap liar

Editor: Hari Widodo
HO/Humas Polres Berau
Ratusan remaja pemilik kendaraan roda dua dan belasan roda empat yang diamankan mendengar wejangan dari petugas Polres Berau.   

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG REDEB – Personel Satlantas Polres Berau Polda Kaltim membubarkan aksi Balap lari yang disertai dengan Balap liar di salah satu titik jalan baru di Jalan Gunung Panjang, Kecamatan Tanjung Redeb, Rabu (17/4/2022).

Polisi pada kesempatan kali ini, mengamankan  ratusan pemilik kendaraan roda dua dan belasan roda empat yang sebagian besar adalah para remaja berusia belasan tahun.

Kasatlantas Polres Berau, AKP Edo Damara Yudha menegaskan, jika hanya lomba lari silakan saja, dan tujuannya hanya untuk olahraga.

Namun, pada kegiatan Sabtu malam itu, ada informasi yang disampaikan masyarakat, bahwa selain lomba lari, juga diadakan balap liar.

Baca juga: Ranmor Peserta Balapan Liar yang Terjaring Razia Polres Kotabaru Akan Disidang Setelah Lebaran

Baca juga: Satlantas Polres Balangan Amankan Tiga Pelaku Balapan Liar di Taman Hijau

“Kalau hanya lomba lari, tidak akan dibubarkan. Tapi kegiatan itu diselingi dengan balap liar motor dan mobil di lokasi yang sama. Makanya, mau tidak mau kami lakukan penindakan, dan mengamankan kendaraan mereka," terangnya kepada Tribunkaltim.co, Rabu (27/4/2022).

Terdapat 141 kendaraan roda dua dan 11 kendaraan roda empat yang berhasil diamankan petugas.

Namun, diakuinya pihaknya tidak mengenakan tilang balap liar, tetapi hanya untuk pemeriksaan kelengkapan kendaraan.

"Makanya untuk pengambilan kendaraan, kita perbolehkan, namun wajib didampingi orangtua masing-masing,” ucapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, tujuan penertiban itu agar terdapat efek jera kepada para remaja yang diamankan. Bahkan, pihaknya juga memberi hukuman, berupa mendorong kendaraan dari Jalan Gunung Panjang hingga Mapolres Berau, dan kemudian mengamankan kendaraan.

“Seluruh kendaraan yang terjaring kita tahan, agar menjadi hukuman bagi para pelaku,” tuturnya.

Ia juga mengimbau kepada para remaja yang ingin menyalurkan hobi lari agar dilakukan di tempat-tempat yang tidak mengganggu arus lalu lintas.

Ia menyarankan, daripada melakukan balap liar di jalan umum, lebih baik melakukannya di lapangan, agar tidak mengganggu aktivitas lalulintas, dan ketertiban masyarakat.

Baca juga: Gelar Razia Balap Liar, Satlantas dan Samapta Polres Tapin jaring Ratusan Kendaraan

Namun untuk balap liar berupa roda dua maupun roda empat, pihaknya akan melakukan tindakan tegas.

“Kalau hanya untuk balap lari kita perkenankan, tapi kalau sampai ada aduan masyarakat yang mengatakan terdapat balap motor atau mobil pasti kita tindaklanjuti,” pungkasnya. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunKaltim.co dengan judul Lomba Lari dan Balap Liar di Satu Lokasi, Ratusan Kendaraan di Berau Diamankan

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved