Berita Kaltim

Diduga Terhirup Gas Beracun, 2 Pekerja Kapal China Express Ditemukan Tewas di Perairan Balikpapan

Diduga mengalami keracunan gas di palka atau ruang gudang kapal, dua pekerja kapal China Express ditemukan tewas

Editor: Hari Widodo
HO/Basarnas Balikpapan
Suasana seputar TKP sesaat beberapa petugas melakukan evakuasi dua pekerja kapal China Express, Selasa (26/4/2022).  

BANJARMASINPOST.CO.ID, BALIKPAPAN - Diduga mengalami keracunan gas di palka atau ruang gudang kapal, dua pekerja kapal China Express ditemukan tewas, Selasa (26/4/2022).

Insiden tewasnya kedua pekerja kapal China Express ini diperkirakan sekitar pukul 22.50 Wita pada saat kapal tengah melintas di Perairan Balikpapan.

Kedua pekerja kapal China Express yang bernasib nahas tersebut yakni Andriansyah (32) dan Fajar (23).

Kepala Basarnas melalui Kasi Ops Basarnas Balikpapan, Basri mengatakan, pihaknya menerima informasi dari karyawan pihak perusahaan yang menaungi kapal tersebut, persisnya pada pukul 23.10 Wita.

Baca juga: Dua Motor Adu Banteng di Guntung Paring Kota Banjarbaru, Seorang Tewas

Baca juga: Pekerja Tewas Tersetrum di Banjarmasin, Keponakan Ungkap Teguran Korban pada Istri

"Jadi dua pekerja ini sedang masuk ke palka kapal untuk mengambil pipa guna melakukan aerasi," ujar Basri, Rabu (27/4/2022), dikonfirmasi pukul 00.23 Wita.

Lama ditunggu, baik Andriansyah dan Fajar tak kunjung menunjukkan batang hidungnya. Rupanya setelah ditelisik, kedua korban terkulai pingsan.

Berdasarkan keterangan pelapor, kata Basri, kedua pekerja tersebut mengalami keracunan lantaran gas beracun yang tinggi.

"Kedua korban tidak kunjung naik dan di duga mengalami pingsan karena adanya gas beracun di dalam palka tersebut," sebut Basri.

Basri menambahkan, pihaknya tiba dilokasi kejadian sekitar pukul 00.20 Wita. Dan langsung melakukan upaya evakuasi terhadap kedua pekerja.

Selang satu jam kemudian, kata Basri, pihaknya berhasil menemukan tubuh Fajar yang tergeletak dalam kondisi meninggal dunia.

Dan 10 menit berlalu, Andriansyah juga ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa.

"Jadi pukul 01.34 Wita, kami sudah melakukan evakuasi terhadap kedua korban untuk keluar dari palka," ujarnya.

Baca juga: Tenggelam di Perairan Pulau Babi Kaltim, Pemancing Ditemukan Tim Basarnas Dalam Kondisi Meninggal

Namun begitu, belum bisa dipastikan terkait penyebab kematian dua pekerja tersebut bersumber dari gas beracun atau hal lain. Sementara ini, kepolisian belum mengeluarkan pernyataan resmi.

"Dengan ditemukan korban, operasi SAR diusulkan ditutup dan seluruh unsur yang terlibat dikembalikan ke kesatuannya," tukas Basri. (*)


Artikel ini telah tayang di TribunKaltim.co dengan judul Awalnya  Diduga Pingsan Akibat Hirup Senyawa Beracun, 2 Pekerja Kapal di Balikpapan Ditemukan Tewas

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved