PT PLN Persero UIW KSKT

Wujudkan Tata Kelola Good Corporate Governance, PLN Kalselteng Sosialisasikan dan Terapkan SMAP

GM PLN UIW Kalselteng Tonny Bellamy sepenuhnya mendukung penerapan SMAP dan mendorong perilaku yang bebas dari unsur-unsur penyuapan.

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/NURHOLIS HUDA
Arahan Senior Manager Perencanaan PLN Kalselteng, Novalince Pamuso, melalui di zoom meeting mengenai penerapan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Semangat transformasi dalam menyelenggarakan pengelolaan perusahaan dengan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance, terus dilakukan.

Termasuk oleh PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Kalselteng yang menyosilaisasikan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) sebagai wujud semangat itu, Rabu (27/4/2022).

Dalam acara via zoom, GM PLN UIW Kalselteng Tonny Bellamy, menjelaskan, PLN sepenuhnya mendukung dan mendorong perilaku yang bebas dari unsur-unsur penyuapan.

Upayanya, menerapkan sertifikasi ISO 37001: 2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan, sebagai upaya untuk mewujudkan PLN yang bersih dan berintegritas.

Dijelaskan dia, Penerapan SNI ISO 37001:2016 ini juga bagian dari transformasi PLN.

penerapan SMAP oleh Senior Manager Perencanaan PLN Kalselteng, Novalince Pamuso
Pemaparan mengenai penerapan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) oleh Senior Manager Perencanaan PLN Kalselteng, Novalince Pamuso.

"Ini akan berdampak pada proses bisnis melaju semakin cepat dan efisien, menjadi lebih transparan, akuntabel dan bijaksana, serta meningkatkan kepercayaan stakeholder perusahaan," kata dia.

Sebagai BUMN, lanjut Tonny Bellamy, menjalankan usaha di atas nilai integritas, berpedoman pada kode etik dan prinsip 4 NO’s, yakni:
No Bribery : tidak boleh ada suap-menyuap, sogok dan pemerasan;
No Kickback : tidak boleh ada komisi, uang terima kasih dan uang bagi-bagi;
No Gift : tidak boleh ada hadiah yang tidak wajar;
dan No Luxurious Hospitality : tidak boleh ada jamuan-jamuan yang mewah atau berlebihan

Dijelaskan Tonny Bellamy, pihaknya berharap dengan adanya Sosialisasi SMAP ini tidak hanya mencegah tetapi juga dapat mengantisipasi adanya potensi-potensi penyuapan dengan melihat gejala-gejala umum yang terjadi.

"Apabila kita dapat melihat dan mengantisipasi gejala-gejalanya, maka tidak akan terjadi lagi hal-hal yang dikhawatirkan," jelasnya.

Dia mengajak para struktural pejabat Kalselteng untuk bertekad mewujudkan penerapan Sistem Manajemen Anti Penyuapan dalam kehidupan dan pekerjaan sehari-hari.

Serta, pihaknya berharap acara sosialisasi akan memberikan manfaat yang besar bagi semua.

Dalam arahan selanjutnya, dilakukan oleh Senior Manager Perencanaan, Novalince Pamuso, kepada peserta zoom meeting.

Hadir dalam peserta, seluruh Senior Manager PLN Kalselteng, Manager UP3, UP2D, UP2K, Manager ULP, serta seluruh Stakeholder di lingkungan PLN UIW Kalselteng. (AOL/*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved