Kabar Kampus Politala

Politala Jadi Pendamping Dalam Pembuatan Masterplan Smart City di Tapin 

Pemkab Tapin mempercayakan Politala untuk menjadi tenaga ahli dalam pembuatan masterplan smart city

Penulis: Idda Royani | Editor: Hari Widodo
SIHABUDDIN CHALID UNTUK BPOST GROUP
TIM dari Politala saat mengikuti FGD smart city di Kabupaten Tapin, beberapa hari lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Eksistensi Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala) kian menguat di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Tak cuma dirangkul pemerintah daerah setempat, namun juga dipercaya oleh pemerintah daerah lain dalam program khusus.

Contohnya di Kabupaten Tapin. Pemerintah daerah setempat mempercayakan Politala untuk menjadi tenaga ahli dalam pembuatan masterplan smart city. Ini merupakan program khusus yang memerlukan keahlian khusus pula. 

Direktur Politala Dr Hj Mufrida Zein SAg MPd mengatakan tiap kegiatan pembangunan infrastruktur tentu yang sangat diperlukan adalah masterplan. Terlebih dalam pembuatan maupun pengembangan smart city sebagai manifestasi revolusi industri 4.0. 

"Jika daerah ingin maju terutama di kawasan ibu kota kabupaten, selayaknya mempunyai master plan smart city untuk dilanjutkan dengan pembangunannya," ucap Mufrida, Jumat (29/4/2022).

Dikatakannya, dalam rangkaian kerjasama Politala dengan Pemkab Tapin diawali penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara Politala dengan Dinas Kominfo Tapin. Penandatanganannya langsung dilakukan kepala Diskominfo setempat.

Penandatanganan MoU tersebut dilaksanakan pada 23 Maret 2022 lalu. Sekaligus saat itu digelar workshop smart city bersama Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Tapin di Aula Gedung TI kampus Politala.

Workshop tersebut menghadirkan dua orang narasumber dari Universitas Gadjah Mada (UGM) yakni Dr Lukito Edi Nugroho MSc dan Nugroho Setio Wibowo ST MKom.

TIM dari Politala berpose di sela FGD smart city1
TIM dari Politala berpose di sela FGD smart city di Kabupaten Tapin, beberapa hari lalu.

Pada rangkaian kegiatan tersebut juga dilaksanakan Focus Group Disscussion (FGD) di aula Bappelitbang Rantau,. Kegiatan ini melibatkan tenaga ahli dosen dan Tim ICT Politala yang dilaksanakan pada 20 April 2022. 

Kegiatan FGD tersebut untuk menganalisis strategis smart city Kabupaten Tapin guna difinalisasi dalam sebuah master plan yang lengkap. Ada empat dokumen penting yang akan segera dilaksanakan pihak kabupaten Tapin. (AOL)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved