Kriminalitas Kaltara

Aksinya Tepergok Satpam, 3 Pencuri Komponen Gudang Limbah Medis Perumda Tarakan Dibekuk Polisi

Pelaku pencurian  di gudang pengelolaan limbah medis milik perumda di Tarakan ditangkap polisi

Editor: Hari Widodo
DOKUMENTASI HUMAS POLSEK TARAKAN BARAT
Ketiga pelaku pencurian saat dirilis Kapolsek Tarakan Barat.    

BANJARMASINPOST.CO.ID, TARAKAN – Pelaku pencurian  di gudang pengelolaan limbah medis milik perumda di Tarakan Senin (14/3/2022) pukul 07.00 WITA lalu akhirnya terungkap.

Polisi berhasil membekuk tiga pelaku pencurian komponen gudang limbah medis milik Perumda Tarakan

Sejumlah komponen pendukung pengelolaan limbah medis dilepas dari perangkatnya dan hendak dibawa kabur oleh tiga pelaku.

Aksi ini akhirnya ketahuan setelah salah seorang petugas mengecek gudang pengelolaan limbah medis dan apesnya tak sengaja berpapasan dengan salah seorang pelaku.

Baca juga: Pencuri Motor Mahasiswa di Pasar Rawasari Dibekuk Anggota Polsek Banjarmasin Tengah

Baca juga: Lawan Petugas Saat Ditangkap, Buronan Pencuri Sapi di Kalbar Didor Polisi di Kaki

Dikatakan Kapolres Tarakan AKBP Taufik Nurmandia melalui Kapolsek Tarakan Barat, IPTU Angestri Budi Reswanto, kronologisnya sendiri, Senin (14/3/2022) pukul 07.00 WITA, saat itu, satuan pengamanan mau mengecek lokasi pengamanan ke gudang limbah medis.

Petugas melihat pintu bagian belakang terbuka dan ada dua orang asing sedang beraktivitas.
Seorang di antaranya terlihat asyik membongkar alat, dan satu orangnya lagi sedang berpapasan dan sama-sama kaget.

“Jadi berpapasan kaget mereka. Sempat terjadi debat mulut dan salah satu pelaku mengancam menggunakan badik dan pengakuan salah satu pelaku badik dibuang,” ungkap IPTU Angestri Budi Reswanto.

Kemudian lanjutnya, karena posisi petugas hanya sendirian, berusaha menggunakan cangkul untuk menghalau pelaku. Namun karena dua lawan satu, akhirnya satu pelaku berhasil kabur.

“Masih bersyukur kaburnya pelaku, peralatan dan hasil kejahatan ditinggal,” paparnya.

Hampir semua barang curian ditinggal termasuk juga sepeda motor yang dibawa pelaku ditinggalkan termasuk sendal jepit.

Dari pencurian tersebut, pengelola atau korban mengalami kerugian diperkirakan Rp 168.200.000 karena memang barang diambil pelaku adalah komponen vital alat alat pendukung di gudang limbah medis perumda.

Untuk memastikan lagi apakah masih ada yang hilang, petugas mengecek dan benar sudah banyak komponen yang berhasil dibongkar dan dibawa pelaku sebelumnya.

Di antaranya satu unit trafo, 1 unit teco dynamo 7,5 hp, 1 unit tembaga cool room, 1 unit tembaga penghubug trafo, 1 unit riley, 1 unit riley Lovato, 1 unit riley DNV.GL, 1 unit riley Lovato tipe BG09, 1 unit riley legrand.

“Kalau dilihat, tembaga atau dynamo diambil dan dilepas ini, mereka adalah spesialis pencuri tembaga atau kuningan,” ucapnya.

Baca juga: Pencurian di Kalsel - Pelaku Rusak Pintu Rumah, Gasak Uang Warga Desa Pulausari Kabupaten Tanahlaut

Ia melanjutkan, terhadap pelaku, Satreskrim Polsek Tarakan Barat gabungan lakukan penyelidikan dan pengembangan dengan KSKP bersama Unit Reskrim Polsek Tarakan Utara berhasil mengamankan tiga pelaku yakni berinisial OL, SU dan AN.

Pelaku diamankan di Juata tepatnya di daerah Bengawan di rumah salah seorang rekannya.

Adapun perkara ini diproses penyidikan dan tiga pelaku dikenakan pasal 363 ayat (1) butir ke-4 dan ke-5 KUHPidana dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunKaltara.com dengan judul Terciduk Curi Komponen Gudang Limbah Medis Milik Perumda Tarakan, Tiga Pelaku Dibekuk Polisi

Sumber: Tribun kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved