Berita Banjarmasin

Ancaman Hepatitis Akut Muncul di Tengah Aktivitas PTM,  Disdik Banjarmasin Lakukan Ini

Pelaksanaan PTM penuh di Banjarmasin dibayangi ancaman penyakit hepatitis akut misterius yang menyerang anak-anak dari usia 6 bulan hingga 16 tahun

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/frans rumbon
Siswa di SMPN 3 Banjarmasin melakukan aktivitas bersih-bersih di hari pertama PTM 100 persen, Senin (9/5/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sejak awal pekan tadi, sekolah dari berbagai jenjang di Banjarmasin mulai menjalankan aktivitas Pembelajaran Tatap Muka (PTM) penuh.

Namun pelaksanaan PTM penuh ini dibayangi ancaman penyakit hepatitis akut misterius yang menyerang anak-anak dari usia 6 bulan hingga 16 tahun.

Terkait dengan adanya potensi ancaman penyakit ini pula, Dinas Pendidikan (Disdik) Banjarmasin pun akan melakukan berbagai upaya pencegahan.

Kepala Disdik Banjarmasin, Nuryadi menerangkan upaya pencegahan yang dilakukan di antaranya akan memaksimalkan kegiatan imunisasi maupun vaksinasi untuk siswa.

Baca juga: NEWSUPDATE Kasus Hepatitis Akut Berpotensi akibatkan Terjadinya Pembelajaran Online

Baca juga: Hepatitis Akut Mengancam Anak-anak, Pembelajaran Tatap Muka Tetap Berlanjut, Ini Kata IDAI

Baca juga: Ini Gejala Hepatitis Akut Pada Anak, IDAI Minta Orang Tua Mengenalinya Untuk Deteksi Dini

Apalagi seperti diketahui pemerintah melalui dinas kesehatan, juga getol menjalankan program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), termasuk juga Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) yang mulai digeber Dinkes Banjarmasin mulai 18 Mei 2022.

"Kebetulan ada program ini, kita pun akan memanfaatkannya untuk mensosialisasikannya di sekolah-sekolah. Tentunya ini sebagai salah satu upaya pencegahan juga," katanya.

Masih terkait hal ini pula, Nuryadi menerangkan pihaknya pun sudah melakukan koordinasi dengan Dinkes Banjarmasin.

"Kita sudah koordinasikan. Kemungkinan akan dilakukan mulai 23 Mei 2022 di sekolah-sekolah atau setelah Ujian Akhir Sekolah (UAS)," jelasnya.

Baca juga: Ramai Penyakit Hepatitis Misterius, dr Zaidul Akbar Beri Penangkal Resep Herbal dan Latihan Beban

Tak kalah penting, Nuryadi pun mengimbau para orangtua siswa untuk ikut menyukseskan program yang akan dilaksanakan ini.

"Kita berharap tidak ada lagi penolakan-penolakan, karena ini semata-mata untuk melindungi dan menambah daya tahan tubuh anak," pungkasnya.(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved